Profil Timnas Spanyol di Piala Eropa 2020: Berburu Gelar Keempat

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 24 Mei 2021
Profil Timnas Spanyol di Piala Eropa 2020: Berburu Gelar Keempat
Timnas Spanyol (Twitter Timnas Spanyol)

BolaSkor.com - Tim nasional Spanyol akan mengawali langkah di Piala Eropa 2020 dengan bersaing di Grup E bersama Swedia, Slovakia, dan Polandia. Skuad asuhan Luis Enrique tersebut memburu gelar keempat.

Pertama kali Spanyol menjadi tim terbaik di Piala Eropa adalah pada edisi 1964. Kemudian, butuh waktu lama hingga Spanyol kembali ke podium pada 2008. Empat tahun berselang, Spanyol mengulang mengangkat trofi.

Kini, dengan skuad yang relatif baru jika dibandingkan pada 2012, Spanyol punya ambisi tinggi meraih kembali trofi. Materi pemain Spanyol lebih merata dibanding ketika gagal pada babak 16 besar edisi yang terakhir.

Baca Juga:

Skuad Sementara Tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020: Percaya Diri Vatreni

Profil Timnas Inggris di Piala Eropa 2020: Momentum Tiga Singa

Timnas Spanyol

Untuk mencapai tujuan meraih gelar, Spanyol wajib memiliki mental juara. Apalagi, persaingan di Grup E cukup ketat. Swedia, Slovakia, dan Poldia punya pemain-pemain berbahaya yang bisa membuat Spanyol menderita.

Uniknya, pada kompetisi kali ini, Enrique tidak memanggil satu pun pemain asal Madrid.

Momen Bersejarah

Timnas Spanyol

Momen bersejarah pertama erat kaitannya dengan mantan pemain Barcelona dan Arsenal, Cesc Fabregas. Sang gelandang menjadi penentu kemenangan dalam dua adu tendangan penalti di Piala Eropa.

Pertama, Fabregas memastikan kemenangan Spanyol atas Italia pada perempat final Piala Eropa 2008. Kemudian, Fabregas melakukan hal serupa ketika bersua Portugal empat tahun kemudian pada babak semifinal.

Momen tak terlupakan lainnya adalah ketika Spanyol mengalahkan Rusia dua kali pada Piala Eropa 2008. Padahal, jelang pertemuan kedua pada babak semifinal, Rusia menjadi ancaman besar karena berhasil menumbangkan Belanda pada babak sebelumnya.

Satu di antara momen bersejarah Spanyol lainnya yang tak bisa dilupakan tentu saja adalah kemenangan pada 2008. Mengalahkan Jerman, Spanyol mengakhiri penantian 44 tahun.

Pemain Kunci

Pedri

Pada posisi kiper, tim nasional Spanyol memiliki David de Gea. Penjaga gawang Manchester United tersebut punya banyak pengalaman dibanding pilihan lainnya.

Pada lini tengah, La Furia Roja diperkuat dua pemain asal Premier League, Rodri dan Thiago. Keduanya dikenal sebagai gelandang pekerja keras. Selain itu, jangan lupakan muka baru, Pedri, yang bersinar bersama Barcelona musim ini.

Untuk mendulang gol, Spanyol bisa mengandalkan Alvaro Morata. Striker 28 tahun itu mulai menemukan kembali ketajaman bersama Juventus. Spanyol juga punya Ferran Torres yang siap menebar ancaman dari sisi sayap.

Pelatih

Luis Enrique

Setelah meraih berbagai kesuksesan bersama Barcelona, kini Luis Enrique menghadapi tantangan berikutnya. Sang pelatih diberi tugas membawa Spanyol menjadi jawara pada Piala Eropa 2020.

Luis Enrique memang pilihan yang logis untuk menukangi timnas Spanyol. Juru taktik 51 tahun tersebut paham betul dengan kultur sepak bola Spanyol. Apalagi, taktik 4-3-3 yang menjadi andalannya dianggap cocok untuk timnas Spanyol.

Prediksi Formasi

Timnas Spanyol: David de Gea; Jose Gaya, Aymeric Laporte, Pau Torres, Sergi Roberto; Koke, Pedri, Thiago; Mikel Oyarzabal, Ferran Torres, Alvaro Morata.

Jadwal Pertandingan

Spanyol Vs Swedia (15/6 - 02.00 WIB - Estadio de La Cartuja)
Spanyol Vs Polandia (20/6 - 02.00 WIB - Estadio de La Cartuja)
Slovakia Vs Spanyol (23/6 - 23.00 WIB - Estadio de La Cartuja)

Profil Tim Piala Eropa Timnas Spanyol Piala Eropa 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan