Profil Timnas Swedia di Piala Eropa 2020: Tak Ada Ibrahimovic yang Lain Pun Jadi

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 24 Mei 2021
Profil Timnas Swedia di Piala Eropa 2020: Tak Ada Ibrahimovic yang Lain Pun Jadi
Timnas Swedia (Cision)

BolaSkor.com - Tim nasional Swedia akan menjadi satu di antara empat kontestan Grup E Piala Eropa 2020 bersama Spanyol, Slovakia, dan Polandia. Meskipun tanpa Zlatan Ibrahimovic, Swedia siap berbicara banyak pada turnamen kali ini.

Kejutan terjadi ketika Zlatan Ibrahimovic memutuskan kembali dari masa pensiunnya untuk tim nasional. Ketajaman Ibra seolah terlahir kembali bersama AC Milan. Eks Barcelona itu siap unjuk gigi meski telah berusia 39 tahun.

Sayangnya, jelang akhir musim, Ibra mengalami cedera. Karena tak ingin mengambil risiko, Janne Andersson pun memutuskan tidak memanggil Ibra untuk Piala Eropa 2020.

Baca Juga:

Skuad Sementara Tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020: Percaya Diri Vatreni

Profil Timnas Inggris di Piala Eropa 2020: Momentum Tiga Singa

Timnas Swedia

Meski demikian, Swedia tetap punya pemain-pemain bintang lima. Sejumlah pemain pun berlaga di kompetisi bergengsi seperti Premier League, Serie A, Bundesliga, dan LaLiga.

Momen Bersejarah

Satu di antara momen terbaik Swedia di Piala Eropa adalah pada 1992. Blagult menempati puncak klasemen babak grup mengalahkan tim-tim kuat seperti Prancis, Inggris, dan Denmark.

Sayangnya, langkah Swedia terhenti pada semifinal. Jerman terlalu kuat untuk sang kuda hitam.

Momen berikutnya adalah pada Piala Eropa 2004. Meskipun, hasilnya adalah kekalahan pada babak perempat final melawan Belanda.

Hebatnya, Swedia mampu memberikan perlawanan melelahkan untuk Belanda. Laga harus dilanjutkan melalui babak tendangan penalti setelah sebelumnya tanpa gol. Pada akhirnya, tendangan Arjen Robben membawa Swedia menyingkirkan Belanda.

Pemain Kunci

Dejan Kulusevski

Dari lini belakang, Swedia diperkuat Victor Lindelof. Meskipun tak selalu menjadi starter di Manchester United, tetapi musim bek 26 tahun itu termasuk kategori apik. Apalagi, ia membawa Setan Merah ke final Liga Europa.

Selanjutnya, upaya Swedia membobol gawang lawan akan banyak bergantung kepada Dejan Kulusevski. Penggawa Juventus itu dikenal piawai mengancam dari sisi sayap. Pada musim ini, eks Parma tersebut mengemas tujuh gol plus tujuh assist.

Sementara itu, Alexander Isak bisa menjadi kartu as ketika Swedia mengalami kebuntuan. Sang striker muda memiliki torehan 16 gol dalam 34 laga LaLiga.

Pelatih

Janne Andersson

Swedia akan berjuang di Piala Eropa 2020 dengan arahan dari Janne Andersson. Pelatih 58 tahun itu sudah menukangi Swedia sejak 2016.

Janne Andersson dikenal sebagai pelatih yang gemar menggunakan formasi 4-4-2. Dengan taktik tersebut, Swedia punya keseimbangan yang baik dalam menyerang dan bertahan.

Sejauh ini, Janne Andersson telah memimpin Swedia dalam 58 laga. Perolehan poin rata-ratanya adalah 1,71 poin per pertandingan.

Prediksi Formasi

Timnas Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Pierre Bengtsson, Joakim Nilsson, Victor Lindelof, Mikael Lustig; Emil Forsberg, Albin Ekdal, Kristoffer Olsson, Sebastian Larsson; Marcus Berg, Dejan Kulusevski.

Jadwal Pertandingan

Spanyol Vs Swedia (15/6 - 02.00 WIB - Estadio de La Cartuja)
Swedia Vs Slovakia (18/6 - 20.00 WIB - Krestovsky Stadium)
Swedia Vs Polandia (23/6 - 23.00 WIB - Krestovsky Stadium)

Profil Tim Piala Eropa Timnas Swedia Breaking News Piala Eropa 2020 Zlatan Ibrahimovic
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.481

Bagikan