Profil Timnas Swiss di Piala Eropa 2020: Skuad Bertaraf Internasional

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 07 Mei 2021
Profil Timnas Swiss di Piala Eropa 2020: Skuad Bertaraf Internasional
Timnas Swiss (Twitter)

BolaSkor.com – Timnas Swiss akan berpatisipasi untuk kali kelima di ajang Piala Eropa pada perhelatan Piala Eropa 2020. Tim berjuluk Nati atau Rossocrociati sedianya bukan negara besar sepak bola, tapi mereka juga bukan negara kecil dan underdog (unggulan) sebab Swiss punya skuad bertaraf internasional.

Dalam skuad besutan Vladimir Petkovic saat ini pemain-pemain yang bermain sebagian besar berkarier di liga-liga top Eropa, tidak di Swiss. Tak ayal skuad Swiss sedianya cukup bagus untuk sekedar mengejar target lolos fase grup.

Pada fase Kualifikasi Piala Eropa 2020 Swiss lolos dari grup D dengan hasil yang fantastis: puncak klasemen, meraih lima kemenangan, dua hasil imbang, dan sekali kalah di grup yang berisikan Denmark, Republik Irlandia, Georgia, dan Gibraltar.

Swiss berada di grup A Piala Eropa 2020 bersama Italia (tuan rumah), Wales, dan Turki. Swiss akan merebutkan satu tiket ke fase gugur bersama Wales dan Turki, sebab Italia unggulan kuat lolos ke fase berikutnya terutamanya karena status tuan rumah.

Baca Juga:

Profil Timnas Turki di Piala Eropa 2020: Generasi Baru, Semangat Lama

Profil Timnas Wales di Piala Eropa 2020: Ujian Tanpa Ryan Giggs

Profil Timnas Italia di Piala Eropa 2020: Kebangkitan Gli Azzurri

Momen Bersejarah

Hakan Yakin jebol gawang Portugal pada Piala Eropa 2008

Pada 2008 Swiss menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa bersama dengan Austria. Uniknya pada perhelatan itu juga Swiss menanti kemenangan pertama sepanjang masa di Piala Eropa ketika menang 2-0 melawan Portugal di laga grup melalui dua gol Hakan Yakin.

Pencapaian terbesar Swiss yakni mencapai 16 besar pada Piala Eropa 2016. Selain itu Swiss selalu kandas di fase gugur atau di 16 besar. Pada 2011 legenda Swiss Alexander Frei pensiun dengan catatan 84 caps dan 42 gol.

Pemain Kunci

Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka

Tidak banyak perubahan signifikan dari skuad Swiss dari tim yang bermain pada 2016, hanya saja usia mereka kini semakin bertambah tua. Tetapi skuad Swiss tetap bertaraf internasional dengan pemain-pemain yang bermain di Premier League, Bundesliga, Ligue 1, hingga Serie A.

Beberapa pemain kunci Swiss yang diharapkan dapat menularkan kualitas dan pengalamannya di Piala Eropa 2020 adalah Fabian Schar (Newcastle United), Granit Xhaka (Arsenal), Xherdan Shaqiri (Liverpool), Yann Sommer (Borussia Monchengladbach), dan Haris Seferovic (Benfica).

Schar bersama dengan Ricardo Rodriguez dan Manuel Akanji menjadi pemain-pemain kunci di pertahanan, sementara Xhaka adalah metronom permainan di lini tengah, serta Xhaqiri yang acapkali tampil menonjol jika bermain untuk timnas ketimbang klub.

Pelatih

Vladimir Petkovic

Ini jadi tahun ketujuh Vladimir Petkovic melatih timnas Swiss. Pengalaman eks pelatih Sion dan Lazio itu tak perlu diragukan lagi. Petkovic (57 tahun) tipikal pelatih yang suka menggunakan taktik modern 4-2-3-1, tetapi belakangan ini di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Petkovic menguji formasi 3-4-1-2.

Shaqiri menjadi elemen penting permainan Swiss sebagai gelandang serang di belakang dua striker pada formasi itu. Petkovic memiliki pemain-pemain berbakat dan berpengalaman dalam skuadnya.

Prediksi Formasi

Timnas Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Nico Elvedi; Steven Zuber, Granit Xhaka, Remo Freuler, Edimilson Fernandes; Xhedan Shaqiri; Haris Seferovic, Breel Embolo

Jadwal Pertandingan

Wales vs Swiss (12/06 – 20.00 WIB – Stadion Olimpik)
Italia vs Swiss (17/06 – 02.00 WIB – Stadion Olimpico)
Swiss vs Turki (20/06 – 23.00 WIB – Stadion Olimpik)

Breaking News Swiss Swiss Timnas Swiss Piala Eropa 2020 Profil Tim Piala Eropa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan