BolaSkor.com – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti beberkan program kepelatihannya untuk tahun 2020 mendatang. Ada beberapa program yang telah disusun oleh Bima Sakti salah satunya ialah rencana mengikuti turnamen-turnamen yang ada di luar negeri.

Bersama Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti memang sering melakukan pemusatan latihan (TC) selepas mereka memastikan lolos ke Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung di Bahrain pertengahan tahun mendatang.

Mantan kapten Timnas Indonesia era 1990-an ini memang sengaja melakukan hal tersebut, guna menjaga kekompakan para pemainnya. Berharap pada saat berlaga diajang tersebut bisa lebih baik dibandingkan dengan keikutsertaan di Kualifikasi Piala Asia U-16 lalu.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-16 Gelar TC Persiapan Piala Asia U-16 2020, Bima Sakti Panggil 24 Pemain

Bima Sakti Berharap Pemain Timnas Indonesia U-16 Ada yang Bermain di Piala Dunia U-20 2021

Nantinya, pada awal tahun nanti, Bima Sakti akan melakukan TC kembali selama dua pekan. Setelah TC tersebut, para pemain nantinya akan dikembalikan ke klub mereka untuk berlaga di Elite Pro Academy (EPA).

“Tahun 2020 nanti hampir sama dengan tahun ini, kami akan lakukan latihan tiap bulan dengan waktu dua minggu. Lalu ada kompetisi Elite Pro, jadi kami sesuaikan dengan itu. Kemudian ada rencana main di luar negeri ikut turnamen,” kata Bima Sakti.

Selain itu, Bima Sakti juga menjelaskan ada beberapa program yang menurutnya bisa juga menambah kekompakan pemain. Salah satunya dengan mengajak pemain berlibur untuk bisa menghilangkan sejenak aktivitas dari dunia sepak bola.

“Ya, kemarin memang ada jalan juga ke Dufan, tujuannya agar pemain tidak jenuh ya, yang gunanya supaya mereka bisa beradaptasi dan berosialisasi dengan orang luar. Bisa membina komunikasi antar pemain,” tutup Bima sakti.

Pada bulan Januari 2020 nanti, Timnas Indonesia U-16 akan kembali melakukan TC. Lalu ada agenda uji coba internasional. Persiapan yang matang terus dilakukan agar Timnas Indonesia U-16 meraih prestasi di Piala AFF U-16 2020 dan Piala Asia U-16 2020 mendatang di Bahrain.