BolaSkor.com - Dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh, telah merampungkan rangkaian proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kedua pemain tersebut diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni mendatang.

Sebelumnya, pada Senin (16/5), Jordi Amat telah menyambangi Kedutaan Besar Spanyol di Indonesia. Sedangkan Sandy Walsh datang ke Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia pada Rabu (18/5).

Baik Jordi Amat maupun Sandy Walsh telah mendapatkan dokumen tidak keberatan yang dikeluarkan pihak kedubes negara masing-masing sebagai syarat mendapatkan paspor Indonesia.

"Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan proses naturalisasi Jordi dan Sandy, Alhamdulillah berjalan lancar," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga:

Proses Naturalisasi, Tes Medis Jordi Amat dan Sandy Walsh Berjalan Baik

Ikut Nobar, Jordi Amat Tanggapi Performa Timnas U-23 di SEA Games 2021

"Kami sudah mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan. Laporannya baik. Semoga bisa diproses lebih lanjut,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut menambahkan.

Selain mendapatkan dokumen tidak keberatan dari Kedubes Spanyol dan Kedubes Belanda, Jordi Amat dan Sandy Walsh juga telah melaksanakan wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan merampungkan medical check up serta tes bebas narkoba pada 16 dan 17 Mei lalu.

Setelah ini proses naturalisasi akan dilanjutkan di bagian Kesekretariatan Negara atau Setneg sebelum ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo lalu dibawa ke Komisi III DPR-RI untuk disidangkan.