Proses Naturalisasi Jordi Amat dkk Terhambat Dokumen, Menpora Turun Tangan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 28 Maret 2022
Proses Naturalisasi Jordi Amat dkk Terhambat Dokumen, Menpora Turun Tangan
Menpora Zainudin Amali dan pelatih Timnas Shin Tae-yong. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, turun tangan membantu proses naturalisasi tiga pemain keturunan. Ketiga pemain yang dimaksud adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Proses perpindahan kewarganegaraan ketiganya saat ini sudah berada di pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham.

Namun, pihak Kemenkumham meminta PSSI menyertakan surat perpindahan warga negara dari Pemerintah Belanda dan Spanyol untuk melanjutkan proses naturalisasi.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Diharapkan Turun Tangan Bantu Proses Naturalisasi Jordi Amat dkk

Permohonan Naturalisasi Tiga Pemain Keturunan Diterima Kemenkumham

PSSI yang tidak memiliki yurisdiksi untuk menyurati pemerintah negara lain akhirnya meminta Pemerintah Indonesia dalam hal ini Menpora untuk membantu proses diplomasi.

"Proses naturalisasi pemain turunan atas nama Jordi Amat, Shandy Walsh dan Shayne Pattynama sampai saat ini masih berada di Direktorat Tata Negara, Kemenkumham," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, lewat akun Instagram pribadinya, @hasaniabdulgani, Senin (28/3).

"Bapak Menpora telah ikut membantu dengan menyurati perwakilan negara asal pemain tersebut untuk meminta surat keterangan seperti yang dimintakan pihak Kemenkumham," tambahnya.

Hasani yang sejak awal ditugaskan PSSI untuk menjalin komunikasi dengan para pemain keturunan di luar negeri berharap upaya dari Menpora Amali bisa berbuah hasil positif.

"Semoga saja mendapat respons yang cepat," ujar Hasani.

PSSI memang berharap proses naturalisasi tiga pemain keturunan itu rampung pada April nanti. Sebab, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ingin memakai jasa mereka di babak Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022.

Zainudin Amali Timnas Indonesia Pssi Menpora Zainudin Amali Exco pssi Hasani Abdulgani Naturalisasi Jordi Amat Sandy Walsh Shayne Pattynama Kualifikasi Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan