BolaSkor.com - Dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh, mulai menjalani rangkaian proses naturalisasi. Mereka melakukan tes medis atau medical check up di salah salah satu rumah sakit di Jakarta, Selasa (17/5).

Keduanya menjalani serangkaian tes kesehatan untuk mengecek kondisi fisik mereka. Tes medis itu turut dipantau langsung oleh Kepala Tim Medis PSSI, dokter Syarif Alwi.

"Mereka berdua sudah menjalani rangkaian tes kesehatan dengan baik dan kooperatif. Hasilnya bagus dan mereka dalam kondisi yang fit,” kata Syarif Alwi.

Sementara itu Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut bahwa tes medis ini sangat penting karena menjadi salah satu persyaratan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh yang harus dilaporkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham.

"PSSI terus mengawal proses ini agar semua langkah-langkah yang ditempuh bisa membuahkan hasil yang baik,” ujar Iriawan.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-19 Gelar TC sebagai Persiapan Turnamen Toulon

Shin Tae-yong Intip Langsung Timnas Thailand U-23, Mano Polking Anggap Normal

Setelah menyelesaikan tes medis, pada malam harinya Jordi Amat dan Sandy Walsh diundang mengikuti makan malam bersama pengurus PSSI.

Dalam kegiatan tersebut PSSI diwakili oleh Sekretaris Jenderal Yunus Nusi, Wasekjen Maaiker Ira Puspita, anggota Komite Eksekutif (Exco) Haruna Soemitro, dan Head of Legal PSSI, Lexyndo Hakim.

“Kami mewakili PSSI dan Ketua Umum menyambut hangat kedatangan Jordi Amat dan Sandy Walsh ke Indonesia. Semua pihak begitu suportif, dan bergandengan tangan untuk menyukseskan proses naturalisasi mereka berdua. Sekali lagi selamat datang ke rumah kalian di Indonesia” ujar Yunus Nusi.

Sandy Walsh dan Jordi Amat diundang makan malam oleh pengurus PSSI. (PSSI)

Saat sesi makan malam bersama, Jordi Amat dan Sandy Walsh kompak mengenakan baju batik. Mereka pun sangat antusias menyantap makanan Indonesia yang jarang mereka temui di Eropa.

"Terima kasih kepada PSSI yang sudah mengundang kami makan bersama. Saya sangat senang karena bisa berkumpul di sini dan sejak saya tiba sampai sekarang, semua berjalan lancar dan mendapat sambutan yang hangat dari semua orang di Indonesia," tutur Sandy Walsh.

Jika proses naturalisasi berjalan lancar dan rampung dalam waktu dekat, Jordi Amat dan Sandy Walsh diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni mendatang.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal. Seluruh pertandingan di Grup A akan dimainkan di Kuwait.