Proyek Prestisius PSS Sleman Jadi Alasan Ketertarikan Marian Mihail

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 28 April 2023
Proyek Prestisius PSS Sleman Jadi Alasan Ketertarikan Marian Mihail
Tim pelatih PSS Sleman. (pssleman.id)

BolaSkor.com - PSS Sleman menjadi pilihan pelatih asal Rumania, Marian Mihail, menatap kompetisi Liga 1 2023/2024. Proyek prestisius PSS Sleman membuatnya rela menolak tawaran dari Asia Barat.

Marian Mihail resmi mengisi tempat di pos pelatih kepala PSS Sleman. Inilah momen perdana Mihail berkarir di sepak bola Indonesia, setelah sempat dikaitkan dengan PSM Makassar pada 2019 lalu.

Demi bergabung dengan PSS Sleman, Mihail rela menolak beberapa klub dari Asia Barat. Ya, Mihail cukup punya nama di negara-negara sekitar Arab Saudi karena pernah lama di sana.

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini pernah menangani tim-tim, seperti Al Riyadh, Al Jaish, Al Jahra, Al Wahda hingga Zakho FC.

Mihail bisa dengan mudah gabung klub Asia Barat berkat perjalanan ciamiknya di Rumania. Ia merupakan bekas sporting director klub raksasa Rumania, Steaua Bucharest pada tahun 1999.

Baca Juga:

PSS Sleman Resmi Perkenalkan Marian Cucchiaroni Mihail sebagai Pelatih

Jonathan Bustos dan Esteban Vizcarra Jadi Rekrutan PSS Sleman

Selama menjadi bagian dari klub tersebut, Mihail merasakan gelar liga dan piala super Rumania. Lulusan sekolah sepak bola Perancis, Clairefontaine, ini juga pernah memegang jabatan prestisius.

Pada tahun 2011-2014, Mihail merupakan direktur teknik dari Timnas Rumania. Mihail juga menjadi instruktur lisensi kepelatihan di Rumania pada 2019 yang membuat karir di Indonesia harus mundur hingga tahun ini.

Mihail berbicara alasan utama menerima tawaran PSS Sleman. Dari komunikasi yang dilakukan dengan manajemen PSS, ada proyek prestisius yang akan dilakukan pada musim ini.

"Saya menolak tawaran dari Timur Tengah dan Malaysia dan kini memilih Sleman karena saya terkesan dengan proyek klub yang sangat ambisius dan serius," kata Mihail, Jumat (28/4).

Mihail pernah ke Asia Tenggara pada 2017-2018 lalu. Ia menjadi pelatih kepala untuk tim Thanh Hoa yang mengikuti babak playoff Liga Champions Asia 2018.

Mihail sukses melewati preliminary round two setelah menyingkirkan wakil Hongkong, Eastern dengan skor 4-2. Sayangnya, persiapan yang hanya berjalan tiga pekan membuat Thanh Hoa tak bisa berkutik ketika jumpa raksasa Korea Selatan, Suwon Samsung Bluewings.

Kini, Mihail lebih optimis bersama PSS Sleman. Ia punya staf kepelatihan yang cukup istimewa. Ada mantan pemain Timnas Belgia, Bertrand Crasson hingga mantan pelatih kiper Steaua Bucharest, Dragos Plopeanu.

Sejauh ini, PSS Sleman sudah memperkenalkan Jonahan Bustos, Esteban Vizcarra dan Kei Sano. Dalam waktu dekat, deretan pemain kenamaan Tanah Air akan menyusul. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Marian Mihail PSS Sleman Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.967

Bagikan