PSG Tanpa Neymar, Ini Tiga Skenario yang Bisa Dipilih Emery

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 05 Maret 2018
PSG Tanpa Neymar, Ini Tiga Skenario yang Bisa Dipilih Emery
Duo Paris Saint-Germain, Angel Di Maria (kiri) dan Edinson Cavani. (zimbio)

BolaSkor.com - Neymar sudah menjalani operasi cedera metatarsal di Belo Horizonte. Tim dokter yang menangani menyatakan bintang Brasil ini membuthkan waktu hingga tiga bulan untuk pulih.

Dengan kondisi ini, jangankan tampil memperkuat Paris Saint-Germain menghadapi Real Madrid di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (7/3), untuk bisa tampil di Piala Dunia bersama Brasil saja Neymar masih berharap-harap cemas.

Tanpa Neymar, PSG bisa dikatakan akan tampil pincang, mengingat betapa besarnya kontribusi penyerang berusia 26 tahun itu. Pelatih PSG, Unai Emery harus mencari formula menyingkirkan Real Madrid, yang unggul agregat 3-1, di Parc des Princes.

Sejatinya PSG tak kekurangan amunisi dengan masih adanya Edinson Cavani dan Kylian Mbappe. Selain itu Parisien juga masih memiliki stok pemain yang mumpuni, namun selama ini lebih banyak dianggurkan. Namun, saat ini PSG masih menunggu kabar soal kondisi Mbappe yang menderita cedera pada laga terakhir di Ligue 1.

Paling tidak ada tiga skenario bagi PSG untuk bisa tampil menggigit tanpa Neymar saat meladeni Real Madrid nanti, seperti yang dilansir media Spanyol, AS.


Angel Di Maria

Dari berbagai pilihan yang ada, Angel Di Maria menjadi yang paling logis. Pemain sayap Argentina yang pernah empat tahun bersama Madrid, bisa bermain di kedua sisi lapangan. Di Maria bisa bergantian dengan Mbappe mendampingi Edinson Cavani sebagai penyerang tengah pada formasi 4-3-3.

Tak hanya itu, Di Maria juga mampu bermain agak dalam sebagai bagian dari lini tengah jika Emery memutuskan memainkan empat pemain tengah dan menduetkan Cavani-Mbappe di lini depan.

Dalam urusan mencetak dan mengkreasi gol, Di Maria juga tak diragukan lagi. Sumbangan 16 gol dan 15 assist dalam 32 laga musim ini menjadi bukti kepiawaiannya. Karenanya sangat mengejutkan Emery sama sekali memainkan Di Maria pada leg pertama di Bernabeu kemarin.


Julian Draxler

Pilihan lain yang bisa diambil Emery adalah Julian Draxler. Pemain Jerman ini akan sangat pas menjalankan peran sebagai sayap kiri. Secara kualitas dan penapaian, Draxler memang masih di bawah Di Maria. Sepanjang musim ini, pemain berusia 24 tahun ini baru membuat empat gol dan tujuh assist dalam 34 laga.

Namun Draxler memunyai catatan bagus saat melawan Real Madrid di Liga Champions. Dia menjadi bagian penting saat VfL Wolfsburg menekuk Real Madrid 2-0 pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2015-16. Penampilan pada laga inilah pamor Draxler melejit dan mencuri perhatian klub-klub besar Eropa.


Pastore-Motta-Diarra

Sedangkan untuk pilihan ketiga, Unai Emery bisa menurunkan trio Javier Pastore, Thiago Motta, dan Lassana Diarra di lini tengah. Ketiga pemain ini memiliki kemampuan untuk meringankan tugas Mbappe dan Cavani di depan.

Pastore akan diplot lebih menyerang sedangkan Diarra dan Motta bakal menjadi penyeimbang di sentral lapangan. Yang menjadi pertanyaan, apakah Emery justru malah lebih memilih memainkan cara yang sama ketiga PSG dilibas Madrid di Bernabeu? Ketika itu Emery memplot Thomas Meunier sebagai bek kanan dan memajukan Dani Alves sebagai sayap kanan.

Liga Champions Paris Saint-Germain
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan