BolaSkor.com - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengecam Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang memberikan hukuman ringan kepada pemain Persebaya Elisa Basna. Elisa Basna dihukum karena menginjak perut gelandang PSIS Fredyan Wahyu.

Berdasarkan keputusan sidang Komdis 14 Juni, Elisa Basna hanya terkena sanksi larangan dua kali bertanding. Ia juga dikenakan denda Rp10 juta.

"Itu terlalu ringan (hukumannya). Kalau melihat pelanggarannya bisa membunuh, tapi hanya dihukum seperti itu," tegas Yoyok Sukawi.

Baca Juga:

9 Keputusan Sidang Komdis PSSI 14 Juni 2019

Shohei Matsunaga Berambisi Cetak Gol Berarti saat PSIS Dijamu Bali United

Yoyok menambahkan bahwa PSIS sebetulnya tidak bisa berbuat banyak dengan keputusan Komdis terhadap Elisa Basna. Hanya saja dia berharap Komdis PSSI lebih jeli dan tegas ketika memberikan keputusan hukuman kepada pemain.

Pelanggaran yang dilakukan Elisa Basna dinilai sangat brutal dan bisa menyebabkan kematian kepada pemain. Ini karena melihat kasus pelanggaran yang sama pernah terjadi di sepak bola Indonesia beberapa tahun sebelumnya.

"Saya berharap Komdis PSSI bisa lebih tegas ketika memberikan sanksi. Apalagi ini soal keselamatan pemain yang perlu mendapat perlindungan maksimal di setiap pertandingan,"tutup Yoyok. (Laporan Kontributor Ahmad Rizal/Semarang)