PSIS Semarang Lakukan Vaksinasi Tangkal Virus Corona

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 21 Maret 2020
PSIS Semarang Lakukan Vaksinasi Tangkal Virus Corona
Pemain PSIS menjalani vaksinasi. (Media PSIS)

BolaSkor.com - PSIS Semarang melakukan imunisasi kekebalan tubuh kepada semua pemain ditengah merebaknya wabah Virus Corona (COVID -19) saat ini. Dengan mengandeng Klinik Kimia Farma Semarang, tim dokter PSIS melakukan vaksinasi di mess pemain Jalan Semeru Dalam Semarang Jumat (20/3/).

Dokter tim dr Alfan Nur Asyhar menjelaskan penyuntikan vaksin kepada pemain sebagai salah satu cara menjaga kesehatan pemain. Sebelumnya juga sudah dilakukan pemberian masker, sarung tangan, dan penyemprotan disinfektan beberapa waktu lalu.

“Program ini vaksinasi hepatitis B dan influenza, hal ini sebagai salah satu cara PSIS Medical Department menjaga kondisi tubuh pemain supaya tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktifitas sehari-hari,” kata Alfan.

Baca Juga:

Bhayangkara FC Gelar Latihan di Jakarta, TC Malang Dipastikan Batal

Shin Tae-yong Akan Panggil Nama Baru untuk Masuk ke Timnas Indonesia

Eks dokter tim Bhayangkara FC ini menambahkan pihaknya memilih melakukan vaksinasi karena saat ini tidak sembarang orang bisa tes Corona di rumah sakit karena terbatasnya alat yang tersedia.

“Jadi kenapa kami belum tes Corona, karena tidak sembarang orang bisa langsung tes. Syarat setiap orang yang harus tes adalah orang-orang yang memiliki gejala dan mereka memang harus diprioritaskan,” tambahnya.

Alfan menjelaskan secara spesifik vaksin COVID -19 belum ada. Namun pihaknya tetap mengambil langkah cepat dan spesifik dengan memberikan vaksin influenza.

"Beberapa keuntungan dari vaksin ini antara lain membuat fungsi imun pemain terbentuk dari penyakit influenza karena gejala COVID -19 ini juga hampir mirip influenza" jelasnya.

Sedangkan vaksin hepatitis B berguna melindungi fungsi hati/liver pemain dari berbagai patogen baik virus/bakterial.

Sementara itu PSIS memutuskan latihan rutin dilakukan secara tertutup baik untuk umum dan awak media di Stadion Citarum Semarang. Awak media hanya diberikan kesempatan mengambil foto di area atas yaitu tribun penonton dan sesi tanya jawab ditiadakan sementara waktu. (Laporan Kontributor Ahmad Rizal/Semarang)

PSIS Semarang Virus Corona Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan