PSM Bocorkan Faktor Penyebab Gagal Lolos Verifikasi Lisensi AFC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 01 November 2017
PSM Bocorkan Faktor Penyebab Gagal Lolos Verifikasi Lisensi AFC
CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin. (Istimewa)

BolaSkor.com - Komite Banding Lisensi PSSI telah memutuskan untuk menolak banding yang dilakukan tiga klub Liga 1, yakni PSM Makassar, Bhayangkara FC, dan Persipura Jayapura. Banding itu dilakukan terkait untuk mendapatkan lisensi AFC.

Dengan begitu, hal tersebut memupus harapan ketiganya untuk berlaga di Kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC, jika ketiganya mampu finis di puncak, urutan kedua serta ketiga klasemen akhir Liga 1.

Seperti diketahui, ketiganya masuk ke dalam 13 klub Liga 1 yang dinyatakan gagal lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi AFC. Keputusan tersebut diputuskan melalui Komite Lisensi PSSI dalam sidangnya, pada pekan lalu.

Ketiganya gagal memenuhi 33 kriteria level A yang menjadi syarat utama untuk mendapatkan lisensi AFC. Kriteria level A itu berdasarkan lima aspek, yakni legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).

CEO PSM, Munafri Arifuddin, membeberkan faktor yang menyebabkan Tim Juku Eja gagal mendapatkan lisensi AFC.

“Sebetulnya kami ini tidak bisa memenuhi syarat soal pembinaan usia muda (sporting). Sebetulnya, kami bisa saja untuk endorse Sekolah Sepak Bola (SSB). Tapi, saya tidak mau bohong. Bagaimana ke depannya kalau terus membohong? Tidak baik buat sepak bola Indonesia untuk melangkah maju,” kata Munafri.

Sebagai informasi tambahan, Komite Lisensi PSSI hanya memutuskan dua klub yang mendapatkan lisensi AFC tanpa syarat, yakni Persib Bandung dan Arema FC.

Sementara itu, Persija Jakarta, Madura United FC, dan Bali United FC mendapat lisensi AFC dengan syarat harus memenuhi berkas yang keliru dalam hal kriteria level B. Jika tidak bisa memenuhinya dalam batas waktu sampai 24 Januari 2018, lisensi AFC yang didapat ketiganya dicabut.

Psm makassar Lisensi afc
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan