PSM Disanksi FIFA, Tak Boleh Daftarkan Pemain Tiga Periode

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 16 Februari 2021
PSM Disanksi FIFA, Tak Boleh Daftarkan Pemain Tiga Periode
Giancarlo Rodrigues berusaha melewati kawalan pemain Lalenok United. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - PSM Makassar dijatuhi sanksi oleh FIFA boleh mendaftarkan pemain selama tiga periode. Sanksi tersebut dijatuhi lantaran PSM menunggak gaji mantan pemain asingnya, Giancarlo Lopes Rodrigues.

PSM mendapatkan sanksi tersebut, lantaran Giancarlo melaporkan PSM ke DRC (Dispute Resolution Chamber) FIFA soal penunggakan gaji oleh PSM.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator dari kompetisi menanggapi sanksi yang diberikan oleh FIFA. PT LIB pun langsung memberikan surat kepada PSM untuk menindaklanjutinya dengan nomor 024/LIB-KOM/II/2021.

Baca Juga:

Bertemu Polri Lagi, PT LIB Fokus Kejar Izin Turnamen Pramusim

Laga Pembuka Liga 1 2021 Ditentukan Zona COVID-19


"Iya benar. Itu sudah lama surat FIFA ke PSSI. Cuma sesuai direktif dari PSSI, kami harus menyampaikan ke klub sebagai operator," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, ketika dihubungi oleh awak media.

"Kami diminta PSSI untuk menyampaikan ke klub supaya mematuhi putusan FIFA. Kalau begitu isinya, berarti sudah menjadi putusan dari FIFA suratnya," tambah pria berusia 55 tahun tersebut.

Selain PSM, FIFA juga pernah memberikan sanksi kepada tim Liga 1 lainnya terkait dengan permasalahan gaji dengan pemain. Semen Padang dan TIRA-Persikabo pernah mendapatkan hukuman serupa pada akhir Desember 2019 silam.

Selain itu, lima klub Liga 2 yakni Mitra Kukar, Kalteng Putra, Perserang Serang, PSMS Medan, dan PSPS Pekanbaru yang dijatuhi hukuman serupa pada pertengahan 2020. Bedanya, sanksi tersebut dijatuhi oleh NDRC (National Dispute Resolution Chamber), badan sengketa bentukan PSSI atas kerjasama dengan FIFA.

Surat PT LIB ke PSM terkait putusan FIFA:

1. FIFA memutuskan menghukum klub PSM Makassar berupa larangan melakukan pendaftaran pemain baik pada tingkat nasional maupun internasional kepada Klub paling lama selama 3 (tiga) periode pendaftaran atau sampai kewajiban Klub dapat diselesaikan," tulis surat yang ditandatangani Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

2. Bahwa berdasarkan surat PSSI sebagaimana disebutkan di atas, LIB akan melakukan proses pemblokiran sistem pendaftaran kepada klub PSM Makassar sampai dengan kewajiban Klub dapat dipenuhi.

3. LIB akan menyampaikan tembusan surat ini kepada seluruh peserta Klub Liga 1 dan Liga 2 2020 perihal implementasi larangan melakukan pendaftaran pemain tingkat nasional maupun internasional kepada Klub PSM Makassar paling lama selama 3 periode atau sampai kewajiban Klub dapat diselesaikan.

Breaking News Psm makassar Liga 1
Posts

4.871

Bagikan