BolaSkor.com – PSM Makssar berhasil menjaga keangkeran Stadion Andi Matalatta, Makassar ketika mampu mangalahkan Bhayangkara FC 2-1, Sabtu (13/7). Hasil ini membuat Bhayangkara FC gagal revans dari PSM Makassar.

Bermain di kandang lawan tidak menyurutkan semangat dari pada pemain Bhayangkara FC. Mereka memang kerap kali menyulitkan tim tuan rumah. Sementara PSM Makassar masih membaca permaian lawan.

Pertandingan baru berjalan empat menit, Bhayangkara FC mendapatkan peluang emas. Berawal dari pergerakan di sisi kanan pertahanan Nur Iskandar yang memberikan umpan matang disambut dengan sundulan oleh Dendy Sulistyawan namun masih tipis di atas mistar gawang Hilmansyah.

Sebelas menit pertandingan berjalan akhirnya Bhayangkara FC membuka keunggulan sementara. Umpan dari Flavio Junior dari sisi kiri pertahanan PSM Makassar mampu diselesaikan dengan baik oleh Anderson Salles.

Baca Juga:

Osvaldo Haay Jadi Opsi Utama Persebaya Menyusul Absennya Amido Balde

Meski Tidak Konsisten, Rahmad Darmawan Tetap Waspadai Persija Jakarta

Tersentak dengan gol tersebut, PSM Makassar langsung mulai melakukan permainan yang terbuka. Akan tetapi, bola-bola panjang yang dilakukan oleh pemain PSM Makassar membuat serangan yang mereka lakukan menjadi tidak efektif.

Menit ke-39 Juku Eja mendapatkan peluang emas, tendangan bebas yang yang dilakukan oleh Marc Klok, disambar oleh Aaron Evans. Namun sepakan dari pemain asal Australia ini masih sangat lemah dan dapat ditangkap mudah oleh Awan Setho.

Selang dua menit, giliran Willem Jan Pluim yang medapatkan peluang. Tendangan keras dari luar kotak penalti mengarah langsung ke gawang Awan Setho. Namun tendangannya masih bisa ditepis oleh sang penjaga gawang.

Akhirnya kerja keras PSM Makassar membuahkan hasil. Pelanggaran yang dibuat oleh Jajang Mulyana pada akhir babak pertama membuat Juku Eja mendapatkan penalti. Marc Klok yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan peluang tersebut dan berhasil menyamakan kedudukan 1-1.

Babak kedua, Darije Kelezic mengubah strateginya ketika menggantikan Rasyid Bakri dengan Zulham Zamrun. Masuknya pemain ini membuat lini serang PSM Makassar lebih bertenaga.

Strategi yang dilakukan oleh pelatih asal Bosnia itu berhasil, pada menit ke-55 Ferdinand Sinaga berhasil membalikan keadaan. Berawal dari kesalahan antisipasi dari lini belakang Bhayangkara FC harus dibayar mahal.

Respons positif langsung diberikan oleh Bhayangkara FC, mereka yang tadinya ditekan akhirnya keluar melakukan tekanan. Pada menit ke-59 Adam Alis mendapatkan peluang emas tapi tendangannya masih melenceng di samping gawang Hilamansyah.

Di sisa menit yang ada Bhayangkara FC terus melakukan serangan dan ingin mencoba menyamakan kedudukan. Sempat beberapa kali mendapatkan peluang matang, namun dewi fortuna belum memihak kepada Bhayangkara FC.

Menit ke-83 Anderson Salles mendapatkan peluang emas. Tendangan bebas yang dilakukan olehnya meluncur deras ke gawang Hilmansyah. Namun mistar gawang masih menyelamatkan PSM Makassar pada laga ini.

Dengan hasil ini, PSM Makassar perlahan mulai naik ke papan atas Liga 1 2019. Sementara bagi Bhayangkara FC, turun ke posisi lima klasemen Liga 1 2019 dengan 12 poin.

Susunan pemain

PSM Makassar: Hilmansyah, Aaron Evans, Abd Rahman, Asnawi Mangkualam, Taufik Hidayat, Marc Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellyu, Willem Jan Pluim, Ferdinan Sinaga, M. Rahmat.

Pelatih: Darije Kalezic

Bhayangkara FC: Awan Setho, Anderson Salles, Jajang Mulyana, I Putu Gede, Muhammad Fatchurochman, Adam Alis. Lee Yujun, Flavio Junior, Nur Iskandar, Dendy Sulystiawan, Ramiro Fergonzi.

Pelatih: Angel Alfredo Vera.