PSM Makassar Yakin Mainkan Eero Markkanen di Fase Grup, Pasal Ini Jadi Patokan

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 24 Januari 2019
PSM Makassar Yakin Mainkan Eero Markkanen di Fase Grup, Pasal Ini Jadi Patokan
Eero Markkanen saat berbaju Real Madrid. (Instagram Eero Markkanen)

BolaSkor.com - PSM Makassar yakin bisa memainkan legiun asingnya asal Finlandia, Eero Markkanen. Keyakinan itu disampaikan oleh Sekretaris Klub PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina.

Wina, panggilan Andi Widya Syadzwina percaya berpatokan regulasi kompetisi AFC, terutama Piala AFC 2019 yang akan diikuti oleh PSM Makassar. Sekalipun pendaftaran pemain dilakukan 30 hari sebelum laga pertama PSM di fase grup, yakni pada 27 Februari, PSM masih bisa memainkan Eero Markkanen.

Salinan International Transfer Certificate (ITC) bisa dikirimkan tujuh hari sebelum laga pertama yakni pada 20 Februari. ITC bisa dikirimkan dengan daring lewat AFC Administration System (AFCAS).

PSM Makassar masih punya waktu untuk mengurus ITC Eero Markkanen dari federasi sepak bola negara klub yang dibela sebelumnya. Untuk mengurus ITC, PSM harus melalui prosedur Transfer Matching System (TMS), yang baru dibuka untuk klub Indonesia sejak 15 Februari.

Baca Juga:

Alasan PSM Makassar Tak Ingin KLB PSSI Segera Direncanakan

PSM Makassar Pagari Marc Klok sampai 2023

"Ya, ada poin yang mengatur pasal tentang ITC di Competition Regulations AFC Cup 2019," kata Wina di laman klub.

Itu berdasarkan regulasi Piala AFC 2019 pasal 28 soal status pemain, ayat 11 tentang ITC. Dijelaskan bahwa ITC bisa diterima setelah penutupan jendela transfer asal klub yang berpartisipasi sudah menandatangani kontrak sah dengan pemain sebelum jendela pendaftaran ditutup, yaitu pada 27 Januari.

"(Untuk Jendela Pendaftaran 2) salinan ITC atau bukti yang menunjukkan bahwa ITC telah dikeluarkan sesuai dengan peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain disampaikan melalui sistem online AFCAS selambat-lambatnya tujuh (7) hari sebelum pertandingan pertama di babak Grup," isi regulasi AFC.

"Jadi, meskipun pendaftaran pemain untuk AFC Cup deadline-nya 28 Januari dan transfer window untuk Indonesia dibuka pada 15 Februari, namun sesuai dengan regulasi tersebut, tidak ada masalah dengan Eero. Dia bisa bermain untuk PSM di AFC Cup sejak laga pertama pada 27 Februari mendatang," tambah Wina.

Tentu hal ini juga berlaku pada Persija Jakarta, untuk tiga legiun asingnya Vinicius Lopes Laurindo, Bruno Matos, dan Jakhongir Abdumuminov, serta Ryuji Utomo. Keempatnya masih bisa tampil di fase grup setelah dipastikan tidak bisa berlaga di Kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Afc Persija jakarta Breaking News Psm makassar Piala AFC Eero Markkanen
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan