BolaSkor.com - PSSI melayangkan protes atas penyelenggaraan Piala AFF 2020 yang bakal berlangsung pada April 2021. Protes yang dilakukan PSSI berupa pengiriman proposal kepada Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara, AFF.

AFF melalui Komite Darurat AFF resmi memutuskan Piala AFF 2020 diundur sampai April 2021. Hal ini lantaran pandemi Virus Corona (COVID-19) yang tak kunjung membaik di kawasan Asia Tenggara, terutama Vietnam.

Maklum saja, awalnya Piala AFF 2020 masih mengadopsi format baru seperti tahun 2018, di mana setiap tim menjalani dua laga kandang dan tandang di babak penyisihan grup. Laga semifinal dan final tetap dimainkan dengan format kandang-tandang.

Baca Juga:

PSSI Berharap Hasil Tes Swab Ketiga Bisa Keluar Malam Ini

Ketum PSSI Pastikan Tak Ada Pemain Titipan pada TC Timnas Indonesia

Namun karena pandemi Virus Corona, AFF mengubah format dengan menggunakan adopsi lama di mana home tournament pada babak penyisihan. Vietnam ditunjuk sebagai tuan rumah. Pada akhirnya, Piala AFF 2020 mundur ke April 2021.

Keputusan ini ditentang PSSI, lantaran Indonesia tengah bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada Mei tahun depan. Apalagi bulan Ramadan akan jatuh pada 23 April hingga 23 Mei 2021.

"Kami tidak bisa membuat pilihan dan harus menunggu serta melihat apakah turnamen berlangsung sebelum atau setelah final Piala Dunia U-20. PSSI kemudian akan mengirimkan proposal ke AFF," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.