BolaSkor.com - PSSI berencana membentuk tim khusus guna membentengi Timnas Indonesia. Rencana ini seperti disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan setelah menggelar rapat koordinasi dengan Satgas Anti Mafia Bola, Selasa (25/2).

Rencana ini tak lepas dari kekhawatiran Timnas Indonesia atau pemain dipengaruhi pihak luar dalam laga internasional yang dijalani.

"Saya mau tahu di ranah apa Satgas. Kalau teknis itu sepak bola, pidana yakni penyuapan, pengaturan skor, match fixing, match setting itu ranah Satgas," kata Iwan Bule, panggilan Mochamad Iriawan.

Baca Juga:

PSSI Upayakan Bangun Lapangan Timnas Indonesia di Dekat Jakarta

PSSI Bidik Tim Afrika Jadi Lawan Timnas Indonesia untuk Tingkatkan Peringkat di Ranking FIFA

"Kita minta Satgas memberikan pendampingan ketika pertandingan melawan tim luar negeri. Bukan tidak percaya, tapi ini preventif. Katakan ketika ada yang mendekat mereka akan berpikir," sambung Mochamad Iriawan.

Mochamad Iriawan juga menyebut bahwa Timnas Indonesia membutuhkan tim khusus untuk menjaga skuat Garuda dari gangguan. Ia mengaku berkaca pada SEA Games 2019 lalu.

Timnas Vietnam menjadi contohnya, di mana sesi latihan mendapat penjagaan. "Tak bisa tembus tim Vietnam, karena dijaga, sementara kita bebas."

PSSI juga meminta pihak kepolisian untuk membantu hal lain seperti pergerakan di lalu lintas. "Bantuan unit khusus untuk sama-sama kami. Ada security kita, tapi tak ada anggotanya."