PSSI Akan Putuskan Pelatih Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 dengan Sistem 'Keroyok'

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 06 November 2019
PSSI Akan Putuskan Pelatih Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 dengan Sistem 'Keroyok'
Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Sistem keroyok seperti disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, akan digunakan untuk menentukan pelatih Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Keroyok yang dimaksud yakni dengan melibatkan banyak pihak.

Salah satunya pelatih, yang nantinya ditunjuk untuk menangani Timnas Senior. Sejauh ini dua nama mencuat, yakni Luis Milla dan Shin Tae-yong.

"U-20 dalam roadmap 2021, PSSI ingin antar Timnas berjenjang terkait. Pelatih Timnas Senior harus bisa mengayomi pelatih usai muda di bawahnya, jadi saling terkait. Makanya kami ingin pelatih expertise punya level Piala Dunia, sehingga muncul pelatih eks Piala Dunia (Luis Milla dan Shin-Tae-yong). Senior kita nggak tampil di Piala Dunia, tapi U-20 kita," jelas Ratu Tisha.

Baca Juga:

Training Ground PSSI untuk Timnas Indonesia Mungkin Dibangun di Sukabumi

Rapat Exco PSSI Bahas VAR, Ketua Umum Iwan Bule Beri Penjelasan

"Kita lihat seperti apa pastinya (pelatih Timnas U-20), karena itu harus dikeroyok bareng-bareng," tambah Ratu Tisha.

Direktur Teknis FIFA dan AFC bisa saja dilibatkan, untuk melakukan kajian. Atau dari Inggris, mengingat anak-anak Garuda Select menimba ilmu di sana dan Inggris punya catatan baik di Piala Dunia U-17 dan U-20.

"Yang jelas setiap pemilihan pelatih senior, arahan Ketua Umum, agar bersinergi di bawahnya. Toh, yang berlaga di level dunia yang di bawahnya."

"(Yang Shin Tae-yonh) kan pelatih Korea Selatan U-20 di Piala Dunia dan U-17 saat Korea Selatan tuan rumah pada 2017. Namun khusus U-20 harus dikeroyok bersama-sama. Bisa jadi diskusi terbuka dengan instruktur dan pelatih Indonesia. Kita juga harus mawas diri, karena pelatih kita belum ada yang punya pengalaman bersaing di level ini," sambung Ratu Tisha.

Ratu Tisha menambahkan bahwa PSSI juga bisa memaksimalkan kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). "Kerja sama dengan Jerman, DFB jangan disia-siakan. Kita bisa undang mereka, expertise-nya untuk menyusun tim teknik, di balik siapa pelatih yang ditunjuk," ujar Ratu Tisha.

Pssi Timnas Indonesia Piala dunia u-20
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan