BolaSkor.com – PSSI akan mengevaluasi dan menginvestigasi pertandingan PSM Makassar saat menjamu Bhayangkara FC dalam leg kedua babak delapan besar Piala Indonesia pada Jumat (3/5).

PSSI tidak akang mentolelir setiap pelanggaran peraturan pertandingan. Selama ini, PSSI sudah melakukan evaluasi semua pertandingan.

Dalam hal ini mencakup, administrasi pertandingan, penyelenggaraan pertandingan dan teknis pertandingan sampai pada kinerja wasit.

“Kami akan mengumpulkan laporan teknis dari penilai wasit (referee assessor PSSI) dan dari wasit serta asisten wasit itu sendiri. Kami akan analisa kondisi kesehatan dan kebugarannya, penerapan pasal-pasal permainan, pengambilan keputusan selama pertandingan dan cara mereka membaca situasi pertandingan,” kata anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto.

Baca Juga:

Komentari Kinerja Wasit Terbaik Piala Presiden, Manajer Bhayangkara FC: Ada Pesanan

Manajer Bhayangkara FC Ingin KLB Segara Digelar

Ditambahkan, PSSI juga akan mengirim rekaman pertandingan ke Asosiasi Sepak Bola Jepang (Japan Football Association/JFA), yang menjadi mitra PSSI dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perangkat pertandingan.

“Dalam pertandingan PSM Makassar vs Bhayangkara, secara khusus kita akan mendalami dugaan pelanggaran peraturan permainan pasal 10 dan pasal 12,” kata Purwanto.

PSSI sudah mengagendakan pemanggilan perangkat pertandingan. Kalau memang perangkat pertandingan menyalahi pasal permainan maka mereka tidak akan ditugaskan lagi di Piala Indonesia.

Termasuk juga evaluasi tugas mereka untuk bisa memimpin Liga 1. Bahkan kalau kesalahan yang mereka lakukan sangat mendasar, maka penugasan mereka bisa didegradasi ke Liga 2.

Seperti diketahui, pada pertandingan tersebut wasit Nusur Fadilah melakukan kesalahan yang cukup fatal. Ia tidak mengesahkan gol Andersson Salles yang sudah melewati garis gawang. Tidak hanya itu saja masih banyak keputusan yang dinilai berat sebelah.*