PSSI Bantah Tekan Kepolisian soal Jam Kick Off Arema FC Vs Persebaya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 12 Oktober 2022
PSSI Bantah Tekan Kepolisian soal Jam Kick Off Arema FC Vs Persebaya
Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - PSSI membantah adanya tekanan terhadap pihak kepolisian terkait penerbitan izin pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang digelar pukul 20.30 WIB. Menurut PSSI, laga tersebut bisa berlangsung malam hari karena ada rekomendasi dari kepolisian.

Kick off yang terlalu malam ini disinyalir jadi salah satu pemicu yang menyebabkan kericuhan usai laga Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10).

Insiden itu pada akhirnya membuat 132 orang dinyatakan meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Hal ini juga membuat FIFA dalam suratnya ke Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meminta supaya pertandingan Liga 1 ke depan digelar paling lambat pukul 17.00 WIB.

Saat dipanggil Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan ke Gedung Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI), Jakarta, Selasa (11/10), PSSI sempat dimintai keterangan terkait polemik jam kick off Arema FC Vs Persebaya yang terlalu malam. Padalah laga bertajuk Derbi Jawa Timur (Jatim) tersebut dianggap berisiko tinggi.

Baca Juga:

TGIPF Beri Kesimpulan Tragedi Kanjuruhan ke Presiden Jokowi pada Jumat Ini

PSSI Terima Masukan dari TGIPF demi Ekosistem Sepak Bola Indonesia yang Lebih Baik

Dalam penjelasannya, PSSI melalui Ketua Komite Disiplin (Komdis) Erwin Tobing menyebut kalau sebelum pertandingan digelar selalu diadakan rapat koordinasi atau rakor antara penyelenggara dan kepolisian. Dalam rakor tersebut memang sempat ada diskusi terkait jam sepak mula pertandingan.

"Ternyata ada kesepakatan, Polres (Malang) menyetujui. Ya sudah, jalan (pertandingannya)," kata Erwin Tobing.

Menurut Erwin, PSSI tidak punya wewenang atau kuasa dalam penerbitan izin pertandingan. Sebab, hal itu berada di ranah kepolisian.

"Polres (Malang) kasih rekomendasi ke Polda (Jawa Timur). Ya sudah jalan (main malam). Kalau tidak dikasih (izin), enggak mungkin PSSI memperbolehkan," tutur Erwin.

Erwin Tobing juga menepis kabar adanya tekanan dari pihak broadcaster terhadap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk melobi kepolisian supaya laga Arema FC versus Persebaya Surabaya berlangsung sesuai jadwal, yaitu malam hari.

"Enggak ada itu, enggak ada," tegas purnawirawan jenderal bintang dua kepolisian itu.

Arema FC Persebaya surabaya Pssi Komdis pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan