PSSI Benarkan Tidak Ada Wakil Indonesia di Liga Champions Asia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 12 September 2020
PSSI Benarkan Tidak Ada Wakil Indonesia di Liga Champions Asia
Yunus Nusi. (Istimewa)

BolaSkor.com - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi membenarkan jatah klub Indonesia untuk bermain di Liga Champions Asia sudah tidak ada. Hal ini lantaran Liga 1 2020 hanya menempati peringkat ke-13 di Zona Timur atau peringkat ke-28 se-Asia.

Sebenarnya, Konfederasi Sepak Bola Asia, (AFC) telah menambah peserta Liga Champions Asia (LCA) 2021 menjadi 40 klub. Tapi sayang, klub Indonesia malah kehilangan jatah untuk tampil di ajang bergengsi nomor satu di Asia itu tahun depan.

"Indonesia kehilangan jatah LCA? Ya, itu benar dan secara resmi akan disampaikan nanti oleh AFC," kata Yunus Nusi dalam preskon Zoom bersama PT LIB.

Baca Juga:

PSSI Rencanakan Liga 3 dan Elite Pro Academy Digelar pada November

Seluruh Klub Liga 1 2020 Dapat Mendaftar Pemain Baru pada Bulan September hingga Oktober

Musim depan, Indonesia hanya mengirimkan dua wakilnya untuk Piala AFC saja. Juara Liga 1 nantinya akan masuk langsung di babak fase grup Piala AFC. Sementara satu tiket lainnya nanti akan bermain dari babak kualifikasi Piala AFC.

Padahal sebelumnya, juara Liga 1 berkesempatan untuk bermain di babak kualifikasi Liga Champions Asia. Hal ini pernah dirasakan oleh dua wakil Indonesia, Persija Jakarta dan Bali United.

Dengan hilangnya jatah untuk tampil di Liga Champions Asia, hal itu dapat berpengaruh ke pendaftaran pemain timnas Indonesia, daftar klub ataupun pemain Liga 1. Akan tetapi, menurut Yunus Nusi tak ada masalah karena FIFA dan AFC memaklumi dengan keadaan yang terjadi saat ini.

"AFC juga komunikasi dengan kami saat ini, ini yang sebenarnya sangat luar biasa. Jadi terkait pendaftaran. Bahkan beberapa hal lainnya memang merupakan sesuatu yang penting, tapi mereka memahami itu," pungkas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asprov Kaltim tersebut.

Pssi Liga 1 Liga Champions Asia Yunus Nusi
Posts

4.871

Bagikan