PSSI Beri Jawaban Kooperatif soal Protes Persipura terkait Piala AFC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 18 Desember 2020
PSSI Beri Jawaban Kooperatif soal Protes Persipura terkait Piala AFC
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI memberikan jawaban kooperatif soal protes Persipura Jayapura terkait jatah Piala AFC 2021. PSSI sudah menerima surat protes resmi Persipura, yang kemudian akan diberikan ke Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan beserta anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI lainnya.

PSSI sudah menunjuk Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Hal ini diputuskan melalui rapat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Rabu (16/12).

Bali United ditunjuk sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021, karena sebagai juara Liga 1 2019. Sedangkan Persija ditunjuk karena sebagai runner-up Piala Indonesia 2018/2019.

Maklum saja, penunjukkan ini berdasarkan kompetisi tahun lalu. Mengingat kompetisi Liga 1 2020 dan Piala Indonesia 2022 vakum karena pandemi Virus Corona (COVID-19). Ditambah PSM Makassar sebagai juara Piala Indonesia tidak lolos linsensi klub profesional AFC 2020.

Baca Juga:

Daftarkan Bali United dan Persija, PSSI Tunggu Persetujuan AFC

Hoaks 100 Ribu Dolar AS untuk Jadi Manajer Timnas Indonesia U-19

Namun penunjukkan ini menuai polemik. Persipura Jayapura melakukan protes lantaran jika merujuk manual book peraturan kompetisi Asia, tim Mutiara Hitam yang berhak menemani Bal United.

Urutan klub yang berhak mendapatkan jatah ke turnamen berdasarkan aturan AFC itu adalah: 9.1.1 Klub Juara Liga domestik, 9.1.2 Juara piala domestik, 9.1.3 Runner-up liga domestik, dan 9.1.4 Peringkat tiga liga domestik. Persebaya Surabaya yang merupakan runner-up Liga 1 2019, tidak lolos lisensi klub profesional AFC, sehingga jatahnya didapat Persipura.

"Surat itu (Protes Persipura) baru kami terima, pekan depan akan kami berikan ke Ketum (Ketua Umum, Mochamad Iriawan) dan Exco. Itu sudah menjadi keputusan Exco PSSI. Demikian juga dasar-dasarnya. Keputusannya sudah disampaikan ke AFC, kami sedang menunggu jawabannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi saat dihubungi wartawan, Jumat (18/12).

Persipura jayapura Bali United Persija jakarta Liga 1 Piala Asia Pssi Yunus Nusi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan