PSSI Beri Tanggapan atas Surat FIFA kepada Presiden Jokowi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 08 Oktober 2022
PSSI Beri Tanggapan atas Surat FIFA kepada Presiden Jokowi
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merespons surat FIFA yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi). Dalam surat tersebut disebutkan bahwa Indonesia tidak akan mendapatkan sanksi terkait Tragedi Kanjuruhan.

Untuk mengantisipasi dan memastikan insiden itu terulang di waktu yang akan datang, FIFA bersama AFC dan pemerintah Indonesia akan saling berkolaborasi dengan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Tim tersebut nantinya akan menyusun beberapa rencana kerja demi perbaikan tata kelola bal-balan Tanah Air.

Ada lima poin yang disampaikan FIFA ke Presiden Jokowi terkait hal di atas. Di antaranya FIFA ingin membangun standar keamanan stadion yang ada di seluruh Indonesia.

Lalu memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional. Berikutnya, dilakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub di Indonesia bersama para suporternya untuk membangun komitmen bersama.

Baca Juga:

Presiden Jokowi: Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenai Sanksi oleh FIFA

Ditetapkan sebagai Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut PT LIB Hormati Proses Hukum

PSSI Hormati Penetapan Tersangka, Salah Satunya Dirut PT LIB

Kemudian dilakukan pengaturan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada. Yang terakhir, menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

PSSI sebagai induk organisasi sepak bola nasional pun menyambut baik poin-poin tersebut. PSSI juga bersyukur FIFA tidak menjatuhkan sanksi kepada Indonesia atas Tragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) malam WIB.

"Alhamdulillah, melalui Presiden Republik Indonesia, FIFA sudah memberikan pernyataan resmi bahwa Indonesia tidak terkena hukuman efek dari insiden Kanjuruhan," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"PSSI selalu intens berkomunikasi dengan FIFA dan AFC. Pada minggu depan, delegasi FIFA dan AFC akan berkunjung dan berdiskusi dengan PSSI untuk mengambil langkah-langkah transformatif seperti yang diperintahkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia," tambahnya.

Pssi Fifa Presiden joko widodo Mochamad Iriawan Kanjuruhan Kanjuruhan Malang Stadion Kanjuruhan Malang Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.297

Bagikan