BolaSkor.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan pihaknya sedang mengupayakan agar ke depannya sang juara Liga 1 bisa tampil di Liga Champions Asia. Namun demikian, belum diketahui kapan format tersebut akan dilakukan oleh PSSI.

PSSI saat ini sudah kembali menggulirkan kembali Piala Indonesia yang sudah absen beberapa tahun terakhir. Bahkan PSSI memastikan sang juara Piala Indonesia akan mendapatkan tiket untuk berlaga di Piala AFC.

"Piala Indonesia akan menjadi agenda rutin PSSI karena kami sudah mendaftarkan sang juara Piala Indonesia kepada AFC. Di mana nantinya wakil Indonesia yang dari Piala Indonesia akan berlaga di Piala AFC. Lalu yang datang dari Liga 1 nantinya akan bermain di Liga Champions Asia," kata Ratu Tisha menambahkan.

Baca Juga

PSSI Gandeng Australia untuk Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Yunus Nusi: Kehilangan Ketum Sangat Berpengaruh untuk PSSI

Ratu Tisha belum bisa menyebutkan berapa kuota slot Indonesia untuk tampil di Piala AFC ataupun Liga Champions Asia. Dalam dua musim terakhir, slot untuk klub Indonesia hanya bermain di level Piala AFC saja, tidak berlaga di Liga Champions Asia.

Untuk Piala Indonesia edisi 2019-2020, saat ini PSSI sedang berdiskusi, terutama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Diskusi itu untuk membahas jadwal sampai dengan akhir tahun.

Rencananya Piala Indonesia 2019-2020 akan digelar pada Desember mendatang. Ratu Tisha sangat mengharapkan, Piala Indonesia 2019-2020 selesai sebelum Piala AFF 2020 digelar.

"Maka dari itu kami sedang melihat apakah sistem ataupun formatnya ada yang sedikit kami ubah atau tidak agar bisa menyesuaikan juga dengan jadwal di liga. Tapi kami pastikan di akhir tahun ini kami akan kick off Piala Indonesia 2019-2020," tutup Ratu Tisha.