PSSI dan Kemenpora Bersinergi Susun Database Statistik Pemain Muda Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 04 November 2020
PSSI dan Kemenpora Bersinergi Susun Database Statistik Pemain Muda Indonesia
Ketum PSSI Mochamad Iriawan bersama Menpora Zainudin Amali. (PSSI)

BolaSksor.com - PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia melakukan kerja sama dalam menyusun database soal statistik para pemain muda sejak berada di tingkatan sekolah sepak bola (SSB) hingga nasional.

Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Menurutnya, database sangat penting memeantau pemain yang berpotensi.

"Database yang sedang kami benahi, dulu sudah ada tapi mungkin kelengkapan dan tempat penyimpanannya. Sekarang ada di Deputi Teknik (PSSI) sedang melakukan itu, sehingga kita bisa tahu sesuai data mulai dari Asprov pemain mana yang berpotensi," ujar Iriawan.

Iriawan mengatakan, pencarian bakat melalui teknologi olahraga (sport science) mulai dilakukan demi memonitoring bakat-bakat yang ada di seluruh penjuru negeri. Database itu statistik seperti jumlah menit bermain, gol, stamina, hingga statistik pemain lainnya bisa dilihat secara terbuka.

Baca Juga:

Ketum PSSI Ingin Banyak Pemain Indonesia Berkarier di Luar Negeri

Menpora Minta Masyarakat Tidak Termakan Isu Piala Dunia U-20 2021 Diundur

"Itu menjadi sorotan kita sehingga kita tinggal buka saja seperti di AFC atau FIFA. Kita bisa tahu pemain ini bermain berapa menit menggolkan berapa-berapa. Ini menjadi bahan kami untuk mencari pemain yang kita butuhkan," katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, mendukung hal ini. Menurutnya, ini sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional.

"Saya berharap nanti saatnya berganti pemerintahan, Menko ganti, Menpora ganti, pemerintahan berganti, program ini akan tetap berjalan," katanya.

"Jangan lagi kita mengulangi apa yang terjadi pada masa lalu. Kalau itu terus terjadi, kita tidak akan mungkin dapat sistem pembinaan yang sistematis, berkesinambungan, berkelanjutan, dan berjangka panjang," tambahnya.

Pssi Kemenpora Menpora Zainudin Amali Zainudin Amali Mochamad Iriawan Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan