BolaSkor.com - Indonesian Football e-League (IFeL) Liga 1 akan dimulai pada 30 Oktober 2021 mendatang. PSSI Dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mendukung sepenuhnya gelaran kompetisi sepak bola virtual tersebut.

IFeL Liga 1 diikuti 12 Klub kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia tersebut. 12 klub tersebut adalah Arema FC, Barito Putera, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Persita Tangerang, Persijara Banda Aceh, Persik Kediri, dan PSS Sleman,

"Kita ditunjuk sebagai satu-satunya opertor Liga 1 dan Liga 2 virtual di Indonesia,” kata CEO IFeL, Putra Sutopo dalam konferensi pers di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (27/11).

“Tentunya ini membuat IFeL agar menyusun program yang selaras dengan PSSI untuk mengembangkan sepakvola virtual. Kita juga ingin menjadikan Oxtrade IFeLeague 1 menjadi liga sepakbola virtual terbesar di Indonesia," tambahnya.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC dan Madura United Kompak Menang

Persija Jakarta Pantas Kalah dari Persebaya Surabaya

Pelatih Persib Kasihan kepada Marc Klok saat Lawan PSIS, Mengapa?

IFeL Liga 1
Indonesian Football e-League (IFeL) Liga 1. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

IFeL Liga 1 musim ini disponsori oleh Oxtrade sebagai exclusive sponsor dengan tajuk kompetisi Oxtrade Indonesian Football e-League 1 (IFeL).

Selain itu, kompetisi Oxtrade IFeL Liga 1 resmi menjadi liga sepak bola virtual dengan hadiah terbesar di Indonesia, yang mencapai Rp250 juta.

12 klub Oxtrade IFeL Liga 1 2021 akan bersaing selama 5 minggu dengan sistematis Liga dan akan bertanding pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

"Kita dukung IFeL secara penuh. Dengan adanya IFeL bisa menciptakan ekosistem sepak bola, khususnya virtual yang baik," Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita.

"Kita tahu Timnas e-Sports kita sudah bisa bertanding di FIFAe Nations di Copenhagen, Denmark, yang kemudian dibatalkan karena pandemi. Nantinya IFeL diharapkan bisa memunculkan bibit-bibit Pemain berbakat untuk Timnas," tambahnya.

Nantinya 8 dari 12 tim dengan poin tertinggi akan berlanjut ke babak Grand Final untuk bersaing menjadi juara dari Oxtrade IFeL Liga 1 2021.

“IFeL ini adalah organisasi yang dari awal support kita dibidang konsol, khususnya game PES, terutama di PON Papua 2021 kemarin. Ke depannya PSSI dan sepakbola esport ingin berkolaborasi lebih banyak lagi,” ungkap Ketua PB eSports Indonesia, Ibnu Riza.

“Karena bibit (atlet esport) di Indonesia banyak sekali, karena ini olahraga virtual masih ada kesempatan kita untung bersaing di dunia," lanjutnya.

Berikut daftar tim yang akan bertanding di Oxtrade IFeL Liga 1 2021:

1. PSIS Semarang - Muhammad Abdul Aziz
2. Persita Tangerang - Elul Wibowo
3. Barito Putera - Rommy Hadiwijaya
4. Persik Kediri - Eky Ramadhan
5. Madura United - Adyatma Priyadi
6. Borneo FC - Elga Cahya Putra
7. Bhayangkara FC - Puspamba Ibrahim
8. Bali United - Rizal Danyarta
9. Persela Lamongan - Sakti Sulistyo
10. Persiraja Banda Aceh - Akbar Paudie
11. Arema FC - Ferry Gumilang
12. PSS Sleman - Rizky Faidan

Berikut jadwal IFeL Liga 1 2021:

Sabtu, 30 Oktober 2021

- Barito Putera vs Borneo FC
- Persita Tangerang vs Persela Lamongan
- Bali United vs Persik Kediri
- Madura United vs PSIS Semarang
- Arema FC vs Bhayangkara FC
- PSS Sleman vs Persiraja

Minggu, 31 Oktober 2021

- Persiraja vs Bhayangkara FC
- Barito Putera vs Madura United
- Persita Tangerang vs Bali United
- PSS Sleman - Persela Lamongan
- Persik Kediri vs PSIS Semarang
- Arema FC vs Borneo FC

Penulis: Tengku Sufiyanto