PSSI dan PT LIB Tunggu Uang Sponsor, Nasib Gaji Wasit Mengambang di Tengah Force Majeure Kompetisi

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 01 April 2020
PSSI dan PT LIB Tunggu Uang Sponsor, Nasib Gaji Wasit Mengambang di Tengah Force Majeure Kompetisi
Ketua Komite Wasit, Sonhadji. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - PSSI memutuskan untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan Liga 1 dan Liga 2 2020 hingga 29 Mei mendatang. Kebijakan ini dilakukan lantaran Pemerintah Republik Indonesia memperpanjang status darurat Virus Corona (COVID-19).

Keputusan yang dilakukan oleh PSSI bersifat force majeure. Artinya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa saja kembali digulirkan pada 1 Juli 2020 asalkan kondisi di Indonesia sudah mulai membaik. Tapi jika tidak, kompetisi akan dihentikan.

Salah satu yang terkena dampak dari masalah ini ialah perangkat pertandingan seperti Wasit. Seperti diketahui, saat ini wasit dibayar per pertandingan. Jika tidak ada pertandingan, wasit tidak memiliki penghasilan tetap.

Ketua Komite Wasit PSSI, Sonhadji menerangkan sudah ada pembicaraan antara pihaknya dengan PSSI dan PT Liga Indonesja Baru (LIB) selaku operator kompetisi perihal masalah ini. Namun, belum ada keputusan karena ada beberapa pertimbangan.

Baca Juga:

Umuh Muchtar Sebut Para Pemain Persib Waswas Setelah Wander Luiz Terjangkit Virus Corona

Persita Dukung Kebijakan PSSI Terkait Force Majeure Liga 1 2020

Salah satu pertimbangan dari PT LIB ialah uang yang belum masuk dari sponsor. Sonhadji menjelaskan saat ini hampir semua uang dari sponsor belum masuk lantaran Liga 1 dan Liga 2 2020 baru saja dimulai.

"Saat ini kami memang memikirkan ke arah sana dengan kompetisi yang seperti ini perangkat pertandingan nasibnya bagaimana. Sekarang posisi kami sudah berdikusi dengan PSSI dan PT LIB, yang jelas kami pasti memikirkan nasib mereka," kata Sonhadji kepada BolaSkor.com.

"Sekarang kan wasit dibayar perpetandingan, kalau tidak ada pertandingan mereka pasti tidak dibayar dan tidak ada pemasukan. Sebenarnya kami ingin semua bisa terbayar tapi kondisinya sekarang PT LIB pun sedang cari solusi yang tepat," pungkasnya.

Belum diketahui kapan diskusi permalasahan ini akan selesai. Saat ini rapat terus dilakukan meski tidak tatap muka secara langsung. "Diskusi dilakukan lewat WhatsApp Grup. Karena semua sedang WFH (Work From House). Sekarang masih didiskusikan," jelasnya.

Pssi PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Liga 2 Sonhadji Komite Wasit Virus Corona
Posts

4.871

Bagikan