BolaSkor.com - PSSI, Persib Bandung, Barito Putera, dan David da Silva (Striker Persib) digugat oleh empat orang, yaitu Emilianus Tikuk, Yan Piet Sada, Yulianus Dwaa, serta Paul Finsen Mayor. Keempatnya melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Keempatnya menduga ada permainan sepak bola gajah yang menyebabkan Persipura Jayapura terdegradasi. Gugatan terdaftar dengan nomor 211/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst. Status perkara tersebut berada dalam tahap penunjukkan jurusita hingga Senin (18/4).

PSSI pun mempersilakan jika ada yang melayangkan gugatan, karena itu hak seseorang. Namun, PSSI melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Yunus Nusi memastikan tim yang terdegradasi dan promosi sudah final. Artinya, fair melalui kompetisi resmi.

Baca Juga:

Degradasi Persipura Dianulir, PSSI: Itu Hoaks !

Persita Resmi Perkenalkan Alfredo Vera sebagai Pelatih

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyakini gugatan tersebut salah alamat. Pasalnya, dunia olahraga punya badan penyelesaian sengketa sendiri.

"Kan di dalam UU Keolahragaan ada, kan ada badan arbitrase-nya, kecuali ada tindak pidana, itu baru bisa. Kalau cuma urusan olahraga ada di arbitrase-nya," kata Zainudin Amali saat ditemui awak media, Senin (18/4).

"Saya belum tahu. Saya belum dengar, tetapi saya yakin PSSI sekarang sudah sangat ketat. Ini yang Liga 1 ya? Apalagi yang Liga 1, kalau Liga 3 seperti yang kita dengar kemarin. Kalau Liga 1 saya yakin benar-benar fair ini dan saya juga nonton."

"Saya tahu persis apa yang dilakukan PSSI dan LIB (PT Liga Indonesia Baru). Saya hadir kok, kalau saya nggak nonton langsung di stadion juga biasanya saya nonton di tayangan streaming. Jadi Liga 1 itu bersih," jelasnya.