BolaSkor.com - Pagelaran Piala Dunia 2018 tak sekedar menjadi panggung para pesepak bola top dunia. Piala Dunia 2018 juga bakal menjadi ajang pemilihan tuan rumah turnamen sepak bola paling akbar di muka bumi tersebut untuk tahun 2026.

Seperti dikutip dari New York Times, seluruh negara anggota FIFA menyambangi Rusia untuk melakukan pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2026. Ada 211 negara anggota FIFA yang ikut serta dalam pemilihan kali ini, termasuk Indonesia yang notabenenya adalah PSSI.

PSSI mengirimkan dua wakilnya dalam acara tersebut, yakni Plt. Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dan Ratu Tisha selaku Sekjen PSSI. Indonesia bersama 210 negara anggota FIFA lainnya memilih apakah Maroko atau Amerika Utara (Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada) yang siap menyelenggarakan Piala Dunia 2026.

Keempat negara itu bersaing menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Namun, keempat negara tersebut tidak berhak mengikuti pemilihan. Negara yang memenangi lebih dari 50 persen suara dipilih secara langsung oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Indonesia sampai saat ini belum diketahui bakal mendukung Amerika Utara atau Maroko. Namun, kedua negara ini dikabarkan memiliki suara sama kuat.

Dilansir dari New York Times, Amerika Utara didukung oleh 17 suara dari kawasan Amerika Selatan hingga Tengah. Sedangkan Maroko didukung negara-negara Afrika.

Meski begitu, Amerika Utara diunggulkan untuk menjadi tuan rumah, mengingat infrastruktur yang sudah menunjang. Sedangkan Maroko harus membenahi infrastruktur yang ada.