BolaSkor.com - PSSI memperkenalkan maskot resmi Piala Dunia U-20 2023 yang diberi nama Bacuya atau Badak Cula Cahaya pada kegiatan Car-Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/9) pagi. Lalu apa makna dari Bacuya?

Bacuya merupakan Badak Jawa Cula Satu yang direpresentasikan sebagai pelindung yang tangguh tapi punya sifar ceria. Ini sejalan dengan turnamen Piala Dunia U-20 yang akan jadi pentas aksi para pemain muda dari berbagai negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

"Kemudian culanya ini punya katakter menyebarkan cahaya. Harapan baru untuk generasi muda sebagai simbol untuk Piala Dunia U-20 2023 Indonesia," kata Pimpinan Proyek Komite Penyelenggara Lokal Piala Dunia U-20 2023, Maaike Ira Puspita di Monas, Jakarta, Minggu (18/9) pagi WIB.

Maaike menjelaskan, peluncuran Bacuya merupakan bagian dari upaya PSSI dalam mensosialisasikan ajang Piala Dunia U-20 2023 di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:

Suporter Bakal Padati Stadion GBT saat Timnas U-20 Vs Vietnam

Ada Kans Adu Penalti Lawan Vietnam, Shin Tae-yong Siapkan Algojo Timnas U-20

Upaya ini terlihat cukup berhasil. Pasalnya, dalam kegiatan CFD pagi tadi masyarakat dan anak-anak yang sedang berolahraga tampak antusias untuk berfoto bersama Bacuya.

Ke depannya PSSI juga akan menggelar berbagai kegiatan seru untuk mempromosikan ajang Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di 6 kota di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"Ini sebenarnya sudah masuk (sosialisasi) yang kedua, jadi nanti setelah ini pasti ada kegiatan lainnya. Namun, ini yang pertama go public," ujar Maaike.

"Sebelumnya ada digital launch untuk emblem (logo) di tanggal 17 (Agustus). Ini adalah usaha kita untuk memperkenalkan (Piala Dunia U-20 2023) ke masyarakat," tutur Maaike.