PSSI Kaji Penggunaan VAR dan Lakukan Evaluasi Wasit Liga 1 2019

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 27 Mei 2019
PSSI Kaji Penggunaan VAR dan Lakukan Evaluasi Wasit Liga 1 2019
Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - PSSI mengkaji penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2019. Pengkajian dilakukan sesuai keputusan rapat Komite Eksekutif PSSI, akhir pekan lalu.

Hal ini seperti disampaikan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. "Salah satu keputusan rapat Komite Eksekutif bahwa PSSI akan mengkaji pemakaian VAR di Liga 1. Dalam kajian nanti tentunya kami akan melihat dan mempersiapkan hal-hal apa saya yang diperlukan," kata Ratu Tisha dikutip dari laman PSSI.

VAR dalam pandangan PSSI baru akan digunakan ketika wasit merasa ada kejanggalan dalam pengambilan keputusannya. Wasit lantas berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR. Bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wasit.

Wasit-wasit perlu dipersiapkan lewat pelatihan khusus untuk pengoperasian VAR. Menurut wasit berlisensi FIFA Thoriq Munir Alkatiri, orang di balik layar juga harus yang paham peraturan.

Baca Juga:

Komdis PSSI Keluarkan Keputusan untuk 4 Klub dan 2 Individu Lewat Sidang 26 Mei

Supriadi Bisa Menjadi Jawaban Atas Krisis di Persebaya Surabaya

Sementara itu, PSSI memanggil tujuh wasit Liga 1 yang memimpin pertandingan pekan pertama dan kedua. Ini bagian dari evaluasi PSSI terhadap kinerja wasit di lapangan.

"Pada pekan ini kami memanggil tujuh wasit yang sudah bertugas pada pekan kesatu dan kedua Shopee Liga 1 2019. Evaluasi kami akan lakukan bersama Komite Wasit. Kami juga mengumpulkan laporan teknis dari penilai wasit (referee assessor PSSI) sebagai salah satu bahan dari evaluasi," terang Ratu Tisha.

"PSSI berkomitemen untuk terus meningkatkan kualitas perangkat pertandingan di semua kompetisi. Selain itu, pada tahun ini kami juga akan mendirikan badan wasit independen. Untuk itu kami tidak akan mentolerir setiap pelanggaran peraturan permainan apabila terbukti telah terjadi kesalahan."

PSSI sebelumnya menerima laporan dari beberapa klub terkait kinerja pengadil di lapangan. PSSI merespons, termasuk akan bertindak tegas jika ada kesalahan yang dilakukan perangkat pertandingan.

Pssi Wasit Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan