BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani mengonfirmasi bahwa Jordi Amat bersedia untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hasani mengatakan Jordi Amat sudah mengirimkan dokumen pendukung untuk membantu proses perubahan kewarganegaraannya.

Sebelum Jordi, dua pemain keturunan lainnya, Sandy Walsh dan Mees Hilgers juga diklaim bersedia untuk dinaturalisasi. Sementara satu pemain lagi, Kevin Diks, belum memberikan jawaban.

"Betul, satu pemain keturunan sudah konfirmasi. Jordi (Amat) sudah mengirimkan dokumen soal status keturunan. Dia juga sudah mengirim surat pernyataannya,” kata Hasani saat dihubungi wartawan, Jumat (26/11).

Baca Juga:

Syahrian Abimanyu Masuk, Berikut Skuat Sementara Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Thailand Umumkan Skuat untuk Piala AFF 2020, Ada Pemain Leicester City

Hasani menambahkan, meski para pemain tersebut sudah setuju untuk dinaturalisasi, namun proses perubahan kewarganegaraan tidak bisa instan. Ada beberapa tahapan yang harus dijalani, seperti pemeriksaan dokumen, rekomendasi dari PSSI dan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta persetujuan dari DPR.

Hasani menuturkan, PSSI akan cukup selektif dalam proses naturalisasi kali ini karena tidak mau kasus Marc Klok terulang. Pemain Persib Bandung tersebut gagal memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 karena tidak bisa menyerahkan dokumen bukti keturunan dan harus menunggu sampai April 2022 yang bertepatan dengan lima tahun sang pemain menetap di Tanah Air.

"Ini bukan satu pihak, kami baru komunikasikan ke agen mereka, ada tiga oke. Dari situ akan kami lihat pengakuan-pengakuan melalui dokumen, sah atau benar gak dia punya keturunan," ujar Hasani.

"Karena kan mereka sudah pegang paspor negara lain. Jadi, nanti Menpora ajukan ke Presiden. Nanti Presiden yang bisa memutuskan."

"Setelah itu juga harus ada persetujuan dari DPR. Mulai Menpora ke Presiden, dan DPR kan prosesnya ini tak terduga. Tapi harapan kami cepat karena kan untuk bela negara," tuturnya.