BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) melihat sisi positif dari penundaan Piala AFF 2020. Seperti yang diputuskan AFF, Piala AFF 2020 akan digelar pada 2021.

Awalnya Piala AFF 2020 dijadwalkan digelar 23 November sampai 31 Desember 2020. Penundaan penyelenggaraan sebetulnya sudah mencuat saat rapat virtual Komite Darurat AFF, Senin (27/7), namun dilaporkan belum diputuskan secara resmi.

Penundaan tak lepas dari pandemi yang juga belum berakhir, seperti yang dijelaskan Kamis (30/7). AFF merasa perlu menjaga keselamatan dan kesehatan pihak yang terlibat di turnamen.

Baca Juga:

Resmi Ditunda, Piala AFF 2020 Direncanakan Digelar Pertengahan April 2021

Pernyataan AFF soal Penundaan Piala AFF 2020 ke 2021

AFF telah mendapat dukungan dari pemegang hak komersial. Sementara Wakil Ketua Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Tran Quoc Tuan, menyebut bahwa Piala AFF 2020 diajukan untuk digelar pada pertengahan April 2021.

"Kelompok kerja akan memantau situasi dan melakukan penilaian, termasuk di mana menempatkan program kompetisi yang sesuai pada tahun depan. Dan akan memberi tahu lagi ketika ada kejelasan," kata Sekjen FAT, Patit Supaphong.

Penundaan dianggap memberi keleluasaan bagi Liga Thailand atau Thai League terus berjalan pasca keharusan melepas pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2020 yang dijadwalkan Oktober dan November. Sesuai rencana, Thai League akan berlangsung sejak September 2020 hingga Mei 2021.

Sementara itu, Timnas Thailand sebelumnya diperkirakan tidak bisa tampil dengan kekuatan terbaik jika Piala AFF 2020 digelar sesuai jadwal. Terlebih Piala AFF bukan agenda resmi FIFA, sehingga tak ada kewajiban bagi klub Thailand termasuk Jepang tempat karier Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, Kawin Thamsatchanan, Theerathon Bunmathan, melepas pemain.

"Penundaan membuat program Liga Thailand tidak tumpang tindih dengan kompetisi Timnas Thaiand dalam program ini," jelasnya.