PSSI Pastikan Ezra Walian Sudah Bisa Membela Timnas Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 14 Juni 2021
PSSI Pastikan Ezra Walian Sudah Bisa Membela Timnas Indonesia
Ezra Walian. (Media Persib)

BolaSkor.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi memastikan bahwa Ezra Walian sudah dapat membela Timnas Indonesia. Hal ini disampaikan menyusul surat dari FIFA melalui Komite Status Pemain, Senin (14/6).

Ezra Walian sebelumnya tidak bisa membela Timnas Indonesia di ajang resmi. Penampilan terakhirnya berbaju skuat Garuda terjadi di SEA Games 2017, yang bukan agenda resmi AFC dan FIFA.

Persoalan muncul saat Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 pada 2019. AFC melarang Ezra Walian bermain setelah mendapat memorandum dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Baca Juga:

Tiba di Jakarta, Timnas Indonesia Lakukan Karantina Mandiri

Salah Putar Lagu Kebangsaan, UEA Minta Maaf ke PSSI

Dalam suratnya, KNVB menjelaskan bahwa Ezra Walian pernah bermain bersama Timnas Belanda kelompok umur, salah satunya U-17 di ajang resmi. Status pasca naturalisasi pada 2017 juga belum dianggap ketika membela PSM Makassar di Piala AFC. Ezra dilarang membantu perjuangan Juku Eja.

Menurut Yunus Nusi, pengajuan proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Terlebih ada persoalan administrasi dan bermasalah.

"Benar, arahan Ketum PSSI agar proses alih status Ezra Walian jadi prioritas dan bersyukur hari ini kami terima surat dari FIFA tentang keputusan dari Komite Status Pemain mengenai status pemain pemain tersebut," kata Yunus Nusi.

"Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad Timnas Indonesia di turnamen apapun," tambah Yunus Nusi.

PSSI menyampaikan apresiasi kepada FIFA dan pihak-pihak terkait yang membantu proses penyelesaian status Ezra Walian.

"Terkait proses naturalisasi pemain lainnya, kami masih menunggu rekomendasi dan road map dari pelatih Shin Tae-yong. Saat ini ia dan pemain timnas Indonesia masih menjalani karantina sesuai tiba dari Dubai, UEA pada Sabtu (12/6) kemarin," jelas Yunus Nusi.

Pssi Ezra walian Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan