BolaSkor.com - PSSI memastikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kembali dilanjutkan pada September atau Oktober mendatang. Kepastian ini dikatakan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan usai menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada Rabu (17/6).

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dan 2 2020 terpaksa dihentikan PSSI pada pertengahan Maret lalu karena pandemi Virus Corona (COVID-19) yang melanda Indonesia dengan status force majeure.

Setelah hampir empat bulan tidak ada kepastian, akhirnya beberapa waktu lalu PSSI menggelar pertemuan dengan stakeholeders sepak bola dari mulai Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) sampai dengan tim Liga 1 dan Liga 2.

Baca Juga:

Kemenpora Sebut Tak Pernah Melarang Timnas Indonesia U-19 jika Ingin TC di Korea Selatan

PSSI Beri Alasan Konkret TC Timnas Indonesia Lebih Baik Digelar di Tanah Air

Selain itu, PSSI juga melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan tim Gugus Tugas COVID-19 terkait lanjutan kompetisi ini.

“Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Mochamad Iriawan.

Lebih lanjut, PSSI telah membuat lima panduan protokol kesehatan untuk diberikan kepada klub dan Timnas Indonesia. Protokol yang dibuat oleh ketua tim medis PSSI, Syarif Alwi, yang berkoordinasi langsung dengan Kemenkes, Kemenpora, dan Gugus Tugas Virus Corona.

“Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT LIB juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kepada PSSI termasuk timeline mulai dan ujung kompetisi," ujar Plt Sekjen, Yunus Nusi.

"Saat ini PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nanti seperti regulasi kesehatan, permainan, media dan lain-lain,” pungkasnya.