PSSI Pertegas Komitmen Justin Hubner dkk untuk Dinaturalisasi Setelah Piala Dunia U-20 Batal

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 14 April 2023
PSSI Pertegas Komitmen Justin Hubner dkk untuk Dinaturalisasi Setelah Piala Dunia U-20 Batal
Ivar Jenner (kiri) dan Justin Hubner (kanan) di Kantor PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum (PSSI), Erick Thohir, mengatakan PSSI mempertegas kembali komitmen Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner untuk dinaturaliasasi setelah Piala Dunia U-20 2023 batal di Indonesia.

Proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner memasuki tahap persetujuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melalui keputusan Presiden (Keppres). Ini setelah proses naturalisasi ketiganya disetujui DPR RI.

Setelah Keppres keluar, ketiganya baru bisa dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Lalu, ketiganya harus berpindah federasi, baru bisa membela Timnas Indonesia.

Sebelum dikeluarkannya Keppres, PSSI mempertegas komitmen ketiganya untuk membela Indonesia, setelah Piala Dunia U-20 2023 batal di Tanah Air. Pasalnya, ketiganya dinaturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:

Erick Thohir Bertemu Shin Tae-yong Pekan Depan, Bahas Program Timnas hingga Kontrak

Perpindahan Federasi Shayne Pattynama Rampung, Bisa Bela Timnas Indonesia

"Kan dari DPR sudah menyetujui. Sekarang kita sedang proses menanyakan kepada para pemain kembali karena mereka kan bagian dari U-20 karena ini Piala Dunia U-20 tidak ada, mereka seperti apa? Kan kita musti nanya dulu,” kata Erick Thohir.

“Kalau masalah naturalisasi kan sebenarnya sudah selesai prosesnya. Tinggal dari pemain itu sendiri seperti apa," tambahnya.

Erick Thohir mencontohkan atlet basket yang baru saja dinaturalisasi, Anthony Beane Jr. Ia baru saja menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (10/4). Anthony berkomitmen membela Timnas Basket Indonesia tanpa iming-iming. Berbeda dengan Justin Hubner dkk yang diiming-imingi Piala Dunia U-20 2023.

“Kemarin di bola basket salah satu yang dinaturalisasi sudah dapat paspor. Sudah pergi ke Australia lagu untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di sana,” ucap Erick Thohir.

Sebelumnya, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan, baru dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 yang berkomitmen, meski Piala Dunia U-20 2023 batal di Tanah Air. Satu nama dalam proses negosiasi.

Arya memang tak menyebutkan nama, namun ditenggarai satu nama yang masih dalam proses negosiasi adalah Justin Hubner. Pemain Wolverhampton Wanderes U-21 itu baru saja membela timnas Belanda U-20, pada festival uji coba sepak bola Eropa di Spanyol, beberapa waktu lalu.

Pssi Erick thohir Justin Hubner Rafael Struick Ivar Jenner Timnas indonesia u-20
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan