BolaSkor.com - PSSI terus berupaya menyelesaikan proses naturalisasi empat pemain keturunan yang diminta oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Namun dari empat pemain, baru Jordi Amat dan Sandy Walsh yang dokumennya sudah masuk ke Pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sedangkan untuk dua pemain lainnya, yaitu Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen, PSSI menargetkan bisa mendapatkan dokumen keduanya pada Februari ini. PSSI membantah keterlambatan keduanya mengirimkan dokumen, karena mereka mengurungkan keinginan untuk melanjutkan proses naturalisasi.

Baca Juga:

Ada Badai COVID-19, LIB Belum Rencana Pindahkan Seri Liga 1 ke Pulau Jawa

PT LIB Sebut Pemain Liga 1 yang Positif COVID-19 Masuk Kategori Tanpa Gejala

"Sejauh ini masih (berminat). Cuma kami belum proses mereka," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani saat dihubungi wartawan.

"Karena kemarin mereka belum kirim datanya. Kami tidak bisa paksa, karena ya sudah, sesantai mereka saja gitu," ujar Hasani menambahkan.

Hasani mengatakan, PSSI saat ini memilih fokus terlebih dulu ke proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat, karena dokumen keduanya sudah diterima oleh Kemenpora. Selanjutnya Kemenpora akan memberikan rekomendasi ke lintas kementerian seperti Kementerian Hukum dan HAM, lalu dikirim ke Sekretariat Negara atau Setneg sebelum dibahas di Komisi III DPR-RI.

"Sambil kami juga belajar. Ternyata dari dua ini (Sandy Walsh dan Jordi Amat), kami sudah banyak tahu (prosesnya). Jadi nanti kalau masuk dokumen (Mees) Hilgers, kami sudah bisa saring dari awal," tutur Hasani.