BolaSkor.comPSSI telah sukses menggelar gelaran Piala Pertiwi 2018, dengan antusias pemain wanita yang sangat luar biasa. Namun ada satu pekerjaan rumah lagi yang harus dilakukan oleh PSSI, yaitu menggelar Liga 1 Wanita.

Sebelumnya memang beredar kabar, kalau saat ini PSSI sudah menrencanakan akan menggelar Liga 1 Wanita. Dan PSSI akan melangsungkan hal tersebut pada September 2019 mendatang.

Pada rencana kali ini, Anggota komite eksekutif (exco) PSSI, Papat Yunisal, menegaskan PSSI sangat serius untuk menyelenggarakan Liga 1 Wanita pada tahun ini. Rencananya, kompetisi tersebut memang akan digulirkan PSSI pada September nanti.

Apalagi demi menggelar Liga 1 Wanita, PSSI sudah mengorbankan Timnas Wanita Indonesia U-15 untuk tidak berpartisipasi di Piala AFF Wanita U-15 yang digelar di Thailand, 9-21 Mei mendatang.

Baca Juga:

Piala Pertiwi 2018: Tekuk Bangka Belitung, Sumatera Selatan Juara

Papat Yunisal Jadi Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita Pertama di Indonesia

Papat menuturkan untuk Liga 1 Wanita nanti, tidak butuh seluruh tim Liga 1 membentuk tim. Ia juga menambahkan kalau Liga 1 Wanita ini bisa berjalan meskipun hanya lima tim saja.

"Perencanaannya (Liga 1 Wanita) tinggal tunggu tim Liga. Kalau ada lima tim saja sudah bisa ready. Akhir Mei ini kami akan mendata tim Liga 1 mana saja yang siap ikut di September," jelas Papat.

"Mereka (klub Liga 1) sudah merespons. Makanya nanti kami batasi pada akhir Mei mereka mulai mendaftar," tambahnya.

Penyelenggaraan Liga 1 Wanita akan sangat vital dalam pembentukan tim nasional tahun ini. Usai gagal lolos dari putaran kedua kualifkasi Olimpiade 2020, PSSI akan kembali menyiapkan timnas wanita untuk bertanding pada SEA Games 2019 di Filipina.