Bolaskor.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengatakan saat ini PSSI sedang menyusun regulasi kompetisi lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 agar setiap klub wajib memainkan pemain usia 20 tahun. Hal ini dilakukan demi Timnas Indonesisa U-19/U-20 di Piala Dunia U-20 2021.

"Kemarin saya bersama Plt Sekjen PSSI (Yunus Nusi) dan Wasekjen PSSI (Maaike Ira) bertemu Sesmenpora (Gatot S Dewa Broto) untuk berkoordinasi dan update persiapan Timnas Indonesia dan tuan rumah Piala Dunia U-20. Ada beberapa permintaan dari PSSI yang kami sampaikan kepada Kemenpora, semoga dapat terwujud dan bermanfaat untuk Timnas Indonesia serta PSSI," kata Indra Sjafri, dikutip dari laman PSSI.

Sebelumnya, Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) mendorong mendorong agar PSSI memberlakukan regulasi pemain U-20 di lanjutan Liga 1 dan Liga 2. PSSI pun sudah merencanakan hal tersebut.

Baca Juga:

PSSI Targetkan Timnas Indonesia U-20 Lolos Fase Grup Piala Dunia U-20 2021

Ketum PSSI Minta Shin Tae-yong dan Indra Sjafri Koordinasi untuk Progam Timnas Indonesia

Rencananya, Liga 1 dan Liga 2 akan kembali bergulir pada September atau Oktober mendatang dengan protokol kesehatan ketat. Namun, PSSI belum memutuskan hal tersebut. Keputusan kembali bergulir atau tidak Liga 1 dan Liga 2 , akan diputuskan dalam rapat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 saat ini melakoni pemusatan latihan (TC) virtual sejak pertengahan Mei kemarin. Ada 44 pemain yang ikut serta. Nantinya, Skuat Garuda Muda dijadwalkan melakukan TC di Jakarta pada 15 Juni mendatang. PSSI saat ini sedang menyusun protokol kesehatan pandemi Virus Corona (COVID-19).

Timnas Indonesia U-19 akan berlaga di Piala Asia U-19 2020 Uzbekistan pada Oktokber mendatang. Ajang tersebut dipakai sebagai persiapan internasional menjelang Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.