PSSI Siapkan Rp 30,4 Miliar untuk Implementasi Filanesia hingga Pembenahan Kualitas Wasit

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 03 Desember 2017
PSSI Siapkan Rp 30,4 Miliar untuk Implementasi Filanesia hingga Pembenahan Kualitas Wasit
Ilustrasi PSSI. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI saat ini sedang mengedepankan tata kelola yang baik, dalam arti profesional dan bermartabat. Berbagai macam aspek sedang gencar dibehani induk sepak bola nasional tersebut, mulai dari perbaikan dan pengembangan organisasi, kompetisi, tim nasional, football development, dan bisnis.

Untuk itu, PSSI berharap senergi dan dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia dalam kaidah yang tidak menyangkut melanggar statuta FIFA, yakni infrastruktur hingga pendidikan sepak bola sejak usia dini. Masing-masing area memiliki target dan rencana strategis di 2018, 2020, 2024, dan menuju Piala Dunia 2034.

Hal itu diungkapkan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria saat menyambut Presiden Republik Indonesa, Joko Widodo, dalam acara peresmian lapangan ABC Senayan, di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (02/12/17) kemarin WIB.

“PSSI saat ini sedang bekerja keras untuk mewujudkan tata kelola sepak bola Indonesia yang profesional dan bermartabat sehingga nantinya bisa banyak bicara di pentas dunia. Namun, untuk mempercepat langkah itu PSSI juga perlu dukungan dan sinergi, terutama infratruktur dan fasilitas, pariwisata, ketenagakerjaan, pendidikan dan kesehatan masyarakat. Pemerintah menjadi stake holder penting untuk mempercepat dan mewujudkan cita-cita ini,” kata Ratu Tisha.

Khusus football development, PSSI telah menggagas buku Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) yang telah disusun oleh Direktur Teknik Timnas, Danurwindo bersama tim Technical Study Group (TSG) PSSI. Buku Kurikulum Filanesia adalah pijakan untuk arah sepak bola Indonesia yang berkelanjutan dan terintegrasi antar kelompok usia. Ide tentang pembuatan buku ini muncul sudah sangat lama, bukan hanya setahun dua tahun.

Untuk implementasi Filanesia, PSSI mengalokasikan 1,25 juta dollar AS (sekitar Rp16,9 miliar) melalui FIFA Forward Programme selama tiga tahun ke depan.

“Seluruh pecinta dan pelaku sepak bola di Indonesia menginginkan adanya kesepahaman untuk membentuk pondasi dari olahraga yang kita cintai ini. PSSI komit menjawab harapan Bapak Presiden RI dan publik akan sepak bola Indonesia yang lebih baik,” ujar Tisha.

Untuk membenahi kualitas wasit dan kompetisi, PSSI telah menyiapkan dana sebesar 1 juta dollar AS (sekitar Rp13,5 miliar). Lalu PSSI juga mendatangkan Manajer Wasit FIFA, Kari Seitz.

Kedatangan Kari Seitz adalah untuk memberikan penyuluhan, pembelajaran, perencanaan, dan penilaian untuk perbaikan perangkat pertandingan (wasit dan asisten wasit) demi menunjang kompetisi musim depan.

PSSI Joko widodo Ratu Tisha Destria
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.013

Bagikan