PSSI Sudah Godok Gaji Asisten Wasit Tambahan

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 27 Januari 2022
PSSI Sudah Godok Gaji Asisten Wasit Tambahan
Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - PSSI terus mematangkan rencana menugaskan dua asisten wasit tambahan pada seri IV Liga 1 2021/2022. Dua tambahan asisten wasit itu, akan memantau sekitar garis gawang. Asisten wasit tambahan ini nantinya diharapkan dapat meminimalisir kejadian-kejadian kontroversial di kompetisi sepakbola Indonesia.

Ketua Komisi Wasit PSSI Ahmad Riyadh mengatakan telah lebih dulu memberikan kursus kepada pengadil lapangan untuk menyamakan visi dan misi di peran anyar tersebut. Biasanya, perangkat pertandingan sepak bola terdiri dari wasit tengah (1 orang), asisten wasit (2 orang) dan wasit cadangan (1). Jadi total ada 4 perangkat pertandingan.

"Semoga dengan tambahan ini, menjadi niat baik PSSI untuk menjaga mutu pertandingan yang selama ini selalu (terjadi) blunder keputusan wasit di depan gawang," katanya kepada awak media termasuk BolaSkor.com ketika ditemui di arena Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jawa Timur.

Baca Juga:

Pelatih Persib Yakin David da Silva Akan Moncer seperti Ciro Alves

Hasil Liga 1: Persija Menang atas Persita, Persela Ditahan Imbang Persiraja

"Ada (instruktur) dari AFC untuk memberi pelatihan teknis. Mungkin akan selesai dalam satu atau dua hari ke depan. Tak hanya pelatihan, tapi juga ada uji coba. Nanti mulai (bertugas) pada seri keempat yang telah berjalan ini," tambah Riyadh.

Lantas berapa gaji yang akan diberikan kepada asisten wasit tambahan tersebut? Riyadh mengatakan setelah semua berjalan baik dan asisten wasit tambahan juga sudah mendapatkan pemahaman akan tugasnya, PSSI telah menggodok rencana pemberian gaji.

Untuk diketahui, wasit utama menerima upah Rp10 juta dalam satu kali pertandingan. Asisten wasit (hakim garis) mendapat Rp7,5 juta, sedangkan wasit tambahan sebesar Rp5 juta. "Belum diputuskan angkanya, tapi ya kisarannya tidak mungkin diatasnya wasit utama, dan bisa dibawah asisten wasit garis," ungkap pria yang juga Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara tersebut menegaskan penambahan dua asisten wasit ini dilakukan sambil menunggu diterapkannya penggunaan VAR (Video Assistant Referee) pada kompetisi sepakbola Indonesia. Menariknya, Riyadh menyebutkan jika federasi juga akan menggandeng pihak ketika untuk pengoperasian VAR.

"Sambil menunggu kesiapan Indonesia memiliki VAR. Karena (harga) VAR inikan mahal ya, selain kesiapan 18 klub harus punya VAR ini, dan wasit VAR harus lisensi FIFA. Harga satu VAR-nya kurang lebih Rp 80 milyaran. Kecil sebenarnya kalau untuk pemerintah daerah menganggarkan. Tetapi tidak semua tim punya lapangan sendiri," bebernya.

"Nah, nanti juga VAR ini mungkin dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Jadi yang mau bertanding menyewa ke pihak ketiga, vendor yang punya VAR," pungkas Riyadh. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Pssi Liga 1 Wasit
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan