PSSI Tak Mau Terburu-buru Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 30 April 2023
PSSI Tak Mau Terburu-buru Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat memberikan instruksi ke para pemain Timnas Indonesia. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, angkat bicara soal nasib pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Erick Thohir mengisyaratkan PSSI tak mau terburu-buru memperpanjang pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong kontraknya akan segera berakhir pada Desember 2023 nanti. Erick Thohir dan Shin Tae-yong sudah berbincang empat mata.

Tidak diketahui secara pasti apa perbincangan keduanya dalam sebuah pertemuan. Terindikasi PSSI memberikan target baru untuk Shin Tae-yong, usai Piala Dunia U-20 2023 batal.

"Kembali kami sepakat, kontrak sepakat sampai akhir tahun ini dan akan dipersiapkan seperti apa. Baru nanti pada bulan-bulan setelah ini kita akan bicara ke depannya seperti apa," kata Erick Thohir.

Baca Juga:

Erick Thohir Singgung Bonus Jelang Laga Perdana Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Agenda Timnas Indonesia U-23, PSSI Segera Surati Klub Pemain Dalam dan Luar Negeri

Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Shin Tae-yong akan menghadapi sejumlah jadwal padat Timnas Indonesia Senior dan U-23. Seperti diketahui, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu hanya diprioritaskan PSSI untuk melatih Timnas Indonesia Senior dan U-23. PSSI mencari sosok baru untuk pelatih Timnas Indonesia U-19/U-20.

Kampanye Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia Senior dimulai dari laga FIFA Matchday sampai September 2023 mendatang. Lalu ada Putaran Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia (9-17 Oktober). Jika lolos, putaran kedua digelar pada 16-21 November. Terakhir, ada Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang.

Artinya, jika tidak diperpanjang, Timnas Indonesia Senior tak dilatih Shin Tae-yong pada Piala Asia 2023 mendatang. Erick Thohir pun hanya memberikan isyarat PSSI tak mau mengganggu program Shin Tae-yong.

"Ada overlap agenda sampai Juni tahun depan. Oktober Kualifikasi Piala Dunia 2023 dan lolos, kemudian November di round kedua dan ketiga," ucap Erick Thohir.

"Masih ada Piala Asia di Qatar, ya jadi enggak mungkin dipotong setengahnya. Ada keberlanjutan, akan tetapi tentu kita sepakat harus bicara dari hati ke hati. Yang jelas harus ada target karena hidup tanpa target itu tidak akan seru," jelas Erick Thohir.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia melakukan tos, jelang lawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Belum lagi, agenda Timnas Indonesia U-23. Ada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 4-12 September 2023, di mana berbenturan dengan FIFA Matchday.

Hanya dua pekan dari situ, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games Hangzhou. Pesta olahraga terbesar di Benua Kuning itu digelar mulai 23 September sampai 8 Oktober.

"Saya sudah bicara dengan Coach STY yang akan fokus di U-23 dan tim senior," tegas Erick Thohir.

Pssi Erick thohir Timnas Indonesia Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.996

Bagikan