BolaSkor.com - PSSI menargetkan empat pemain keturunan Indonesia, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen, bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 mendatang.

Hal ini dikatakan langsung oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani. Ia merupakan orang yang ditugaskan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan untuk mengurusi proses perpindahan kewarganegaraan empat pemain keturunan Indonesia tersebut.

"PSSI menargetkan empat pemain tersebut bisa membela Timnas di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 Juni mendatang," ujar Hasani Abdulgani, dalam unggahannya di Instagram pribadinya.

Baca Juga:

Profil Marselino Ferdinan: Wonderkid Persebaya yang Sedang Naik Daun

Dokumen Sandy Walsh dan Jordi Amat dalam Pemeriksaan Tim Legal PSSI

Dokumen dua pemain yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat sedang dalam pemeriksaan oleh tim legal PSSI. Sedangkan Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen baru akan menyerahkan dokumennya pada Februari mendatang.

Salah satu dokumen penting adalah di mana keempatnya harus mencantumkan bukti asli bahwa memiliki keturunan dari Indonesia. Hal ini sesuai Pasal 17 Statuta FIFA.

Jika tidak bisa menunjukkan dokumen asli, maka sang pemain harus berkiprah lima tahun di Indonesia, jika ingin pindah kewarganegaraan untuk membela Timnas Indonesia. Sama seperti yang terjadi dalam proses naturalisasi Marc Klok.

Ia terganjal membela Timnas Indonesia karena tak bisa menunjukkan dokumen asli soal keturunan Indonesia. Untungnya, ia sudah hampir mau lima tahun berkarier di Indonesia. Jadi saat ini sudah bisa membela Timnas Indonesia.

Di sisi lain, keempat pemain keturunan tersebut memang direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin membuat Timnas Indonesia semakin tangguh dengan tambahan pemain keturunan sesuai kebutuhan tim.