PSSI Terbitkan SK Penghentian Kompetisi

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 27 Januari 2021
PSSI Terbitkan SK Penghentian Kompetisi
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI menerbitkan Surat Keputusan (SK) penghentian kompetisi, baik Liga 1 dan Liga 2 2020. Penerbitan dilakukan enam hari setelah diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (20/1).

PSSI memunculkan empat poin keputusan terkait kompetisi dalam rapat. Pertama bahwa kompetisi 2020-2021 dibatalkan karena force majeure. Keputusan lain yakni tak adanya juara dan tim yang terdegradasi.

Ketiga, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Baca Juga:

Dirut PT LIB Menjawab Tuntutan Digelarnya Pramusim Liga 1 2021

Liga 1 2021 Belum Jelas, Rendi Irwan Utarakan Saran

PSSI sekaligus mengirimkan SK tersebut kepada seluruh anggota Exco PSSI, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI di seluruh Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), seluruh klub peserta Liga 1 dan 2 2020, Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), dan Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI).

"Surat Keputusan ini menetapkan penghentian kompetisi tahun 2020 disebakan keadaan kahar (force majeur) terkait dengan pandemi COVID-19. Kompetisi 2020 ditetapkan tanpa juara, tanpa promosi dan degradasi," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di laman PSSI.

"Untuk kontrak klub dengan pihak perkait (pemain, pelatih, ofisial) mengacu kepada aturan keadaan kahar (force majeur) di dalam kontrak masing-masing klub dengan pihak terkait. Atau melakukan negosiasi ulang sehingga tercapai kesepakatan bersama," jelas pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

PSSI akan mengatur kemudian hal-hal yang belum termasuk dalam Surat Keputusan, pada ketentuan terpisah. SK dijelaskan mulai berlaku terhitung sejak tanggal ditetapkan, dengan keputusan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam Surat Keputusan ini, maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

PT LIB Pssi Liga 1 Liga 2 PT Liga Indonesia Baru Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan