BolaSkor.com - Oranje Indonesia Festival yang berlangsung di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11) jadi momentum bagi PSSI dan federasi sepak bola Belanda, KNVB, memantapkan kerja sama.

PSSI dan KNVB sempat mengadakan pertemuan pada awal Oktober 2022 di Belanda. Ketika itu delegasi PSSI yang dipimpin Direktur Teknik Indra Sjafri menyambangi markas KNVB.

Kedatangan Indra Sjafri ketika itu diterima langsung oleh Manajer Hubungan Internasional KNVB Michael van der Star serta dua koleganya yang membidangi tim nasional dan pemasaran. Dalam pertemuan tersebut PSSI dan KNVB saling bertukar ide terkait pengembangan sepak bola usia muda, pelatihan untuk para pelatih, sepak bola wanita, dan pengelolaan tim nasional.

"Ini (Oranje Indonesia Festival) salah satu milestone, kami memang sudah menjajaki beberapa kerja sama. Kemarin bulan Oktober Coach Indra juga sudah ke Belanda dan ke Markas KNVB. Mungkin ini salah satu tindak lanjut. Konkritnya seperti apa, apakah talent scouting, pelatihan pelatih. Itu semua akan berawal dari sini," kata Maaike Ira Puspita, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PSSI.

Baca Juga:

Dirtek PSSI Belum Bisa Pastikan Lawan Uji Coba Timnas Indonesia saat TC Bali

Ribuan Fans Timnas Belanda Ramaikan Puncak Acara Oranje Indonesia Festival di Kompleks GBK

Terkait poin pencarian bakat atau talent scouting, PSSI sangat terbuka mengajak KNVB untuk membuat program yang konsepnya mirip Garuda Select. Seperti diketahui, Garuda Select merupakan program akselerasi pengembangan talenta terbaik sepak bola Indonesia.

Melalui program tersebut, PSSI yang bekerja sama dengan Super Soccer mengirimkan para pemain muda berbakat untuk berlatih sepak bola dan berkompetisi di Inggris dan Italia. Program ini sempat diikuti para pemain Timnas Indonesia U-16, seperti Brylian Aldama dan Bagus Kahfi.

"Bisa (mengadposi Garuda Select), ditunggu saja," ujar Ira.

Ira berharap rencana kerja sama antara antara PSSI dan KNVB dapat segera direalisasikan. Nantinya akan ada nota kesepakatan atau MoU antara PSSI dan KNVB terkait kolaborasi ini.

"Insyaallah (dimulai) tahun depan. Kalau bisa lebih cepat lebih baik," tutur Ira.