PSSI Terbuka Gelar FIFA Matchday atau Turnamen Internasional di Wilayah IKN

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 03 Agustus 2022
PSSI Terbuka Gelar FIFA Matchday atau Turnamen Internasional di Wilayah IKN
Presiden Jokowi ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, bertemu Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Negara, Rabu (3/8). (Dokumentasi Setneg)

BolaSkor.com - PSSI merespons positif rencana Pemerintah Republik Indonesia yang akan membangun training center untuk Timnas Indonesia di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Bahkan PSSI terbuka untuk menggelar pertandingan level internasional di wilayah IKN.

"Kalau pertandingan tim nasional, kami lihat (dahulu seperti apa). Di Kalimantan Timur banyak lapangan bagus. Bisa jadi kalau kita tuan rumah bisa saja (pertandingan) di sana," kata Iriawan dalam konferensi pers via zoom yang turut diikuti BolaSkor.com, Rabu (3/8) sore WIB.

Iriawan mengatakan, ada beberapa stadion di Kalimantan Timur yang bisa digunakan untuk menghelat laga internasional. Baik itu pertandingan uji coba (FIFA Matchday) atau kejuaraan seperti Piala AFF dan Piala Asia.

"Ada Balikpapan (Batakan), ada Samarinda (Segiri dan Palaran). Banyak lapangan bagus di sana. Baik itu untuk FIFA Matchday atau tuan rumah ajang internasional. Alhamdulillah, federasi (PSSI) dibantu pemerintah punya training center di sana," ujar Iriawan.

Baca Juga:

Pemerintah Republik Indonesia Akan Bangun Training Center untuk Timnas di IKN

Jadwal Resmi Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 Keluar, Digelar di Gelora Bung Tomo

Selama ini pertandingan-pertandingan Timnas Indonesia, baik untuk tim senior atau kelompok umur memang lebih sering dilangsungkan di Pulau Jawa atau di Sumatera (Palembang). Dengan dibangunnya pusat latihan Timnas Indonesia di IKN, PSSI berharap ke depannya tim Merah-Putih bisa berlatih dan bertanding di Pulau Kalimantan.

"Sesuai aturan AFC, jarak (dari stadion) ke Bandara tidak jauh, hanya 30 sampai 40 menit. Tidak sampai 2,5 jam. Jadi saya inginnya semua kelompok umur di sana," ujar Iriawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8) siang WIB.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menyampaikan kepada Menpora dan Ketum PSSI bahwa pemerintah akan membangun pusat pelatihan atau training center untuk Timnas Indonesia di IKN.

Pemerintah dikabarkan sedang menyiapkan sebuah lahan seluas 30-50 hektar di wilayah sekitar IKN. Nantinya di sana akan dibangun tujuh lapangan untuk tim nasional Indonesia dari semua kelompok berlatih.

"Lokasinya di tengah-tengah Samarinda dan Balikpapan. Nanti saya sebagai Ketum PSSI akan meninjau langsung ke sana," tutur Iriawan.

Pssi Timnas Indonesia Mochamad Iriawan Jokowi Presiden joko widodo Menpora Zainudin Amali Tc timnas Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.261

Bagikan