PSSI Upayakan Timnas Main di SUGBK saat Piala AFF 2022, JIS dan Pakansari Jadi Opsi Pengganti

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 09 November 2022
PSSI Upayakan Timnas Main di SUGBK saat Piala AFF 2022, JIS dan Pakansari Jadi Opsi Pengganti
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - PSSI mengajukan dua stadion sebagai kandidat markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Kedua stadion tersebut adalah Jakarta Interational Stadium (JIS) dan Stadion Pakansari (Bogor).

Namun, kedua stadion tersebut bisa batal jadi kandang tim Merah-Putih. Ini akan terjadi jika PSSI mendapatkan izin menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang saat ini sedang direnovasi.

"Kemarin kami ajukan dua tempat, Pakansari dan JIS. Update terakhir, GBK bisa (dipakai mulai) Desember. Kalau bisa GBK, GBK. Kalau enggak (bisa), di JIS atau Pakansari. Antara tiga itu," kata Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, kepada awak media di Jakarta.

Iriawan mengatakan PSSI akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno atau PPKGBK yang berada di bawah naungan Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

"Nanti kami akan komunikasi. Kalau enggak (bisa di GBK), ya kita cari lagi," ujar Iriawan.

Baca Juga:

PSSI Masih Cari Opsi Pengganti SUGBK untuk Piala AFF 2022, 15 November Akan Diumumkan

Menpora Sarankan Timnas Berkandang di Pakansari atau Patriot saat Piala AFF 2022

Keinginan PSSI ini mendapat respons positif dari Direktur Utama GBK, Rakhmadi Afif Kusumo. Menurut pria yang akrab disapa Adi tersebut peluang Timnas Indonesia untuk berkandang di SUGBK pada Piala AFF 2022 masih sangat terbuka.

"Insyaallah bisa. Kami baru saja berkomunikasi dengan Sekjen PSSI. Mereka (PSSI) ingin segera melihat ke sini. Tim dari AFF juga harus mengecek langsung, yang memiliki standar dengan FIFA. Kalau pas, bisa dilaksanakan sebagai pertandingan kandang (Timnas Indonesia) di sini," tutur Adi.

Adi juga akan meyakinkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, supaya tidak khawatir tentang kualitas rumput SUGBK jika digunakan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali menyampaikan bahwa enam stadion venue Piala Dunia U-20 2023, termasuk SUGBK, harus disterilkan dari berbagai kegiatan. Ini dilakukan supaya kualitas rumput dan fasilitas pendukung lainnya tetap terawat.

"Mengenai arahan dari Menpora atau apa yang beliau ucapkan adalah sejatinya untuk melindungi rumput (lapangan). Kami akan sowan ke Menpora untuk menjelaskan lebih detail seperti apa perawatan dan bagaimana kita menjaga lapangan ini untuk siap saat (Piala Dunia) U-20," jelas Adi.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni dua partai kandang di babak fase grup Piala AFF 2022. Yaitu saat menghadapi Kamboja (23/12) dan Thailand (29/12). Sedangkan dua laga lainnya menghadapi Brunei Darussalam (26/12) dan Filipina (2/1) digelar di kandang lawan.

Timnas Indonesia Pssi Mochamad Iriawan Sugbk Stadion utama gelora bung karno Stadion Pakansari Jakarta International Stadium Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan