BolaSkor.com - PSSI mengusulkan pemusatan latihan atau training camp (TC) jangka panjang untuk Timnas Indonesia U-19/U-20 menyambut Piala Dunia U-20 2023. Hal ini seperti disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Rpublik Indonesia (RI), Zainudin Amali.

Usul tersebut disampaikan PSSI dalam rapat koordinasi pada Senin (28/12), merespons keputusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Keputusan tak lepas dari pandemi Virus Corona (COVID-19) yang masih ada. Oleh FIFA, pandemi dianggap masih membawa tantangan terhadap penyelenggaraan acara olahraga dan masih membatasi perjalanan internasional.

FIFA pun langsung melompat ke edisi 2023. Indonesia tetap ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20.

Baca Juga:

Skema Perawatan Stadion hingga Piala Dunia U-20 2023 Digelar di Indonesia

Piala Dunia U-20 Batal, AFC Akan Pastikan Piala Asia U-19

"Tentang Timnas, ada usulan PSSI menyelenggarakan TC jangka panjang. Supaya lebih mempersiapkan, kami juga tinggal menunggu perencanaan dari PSSI," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers secara virtual.

Terkait anggaran, Kementerian Keuangan meminta Kemenpora mereview usulan PSSI seperti biasa. Kemenpora juga akan mendampingi PSSI terkait anggaran yang sudah dipergunakan.

"Timnas sekarang kita persiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021, karena ditunda ke 2023 sehingga aturan dari FIFA usia mereka sudah lewat. Itu nanti PSSI. Caranya dijelaskan PSSI."

"Penggunaan anggaran yang sudah kita fasilitasi PSSI. Sudah digunakan TC. Kita juga akan melihat penggunaan, apakah 100 persen digunakan, pasti ada pertanggungjawaban. Untuk itu karena menyangkut administrasi, dari Kemenpora berdiskusi dan pendampingan ke tim PSSI jangan sampai ada kesalahan administrasi dan pertanggungjawaban."

"Kami belum bisa, karena menunggu rencana PSSI terkait TC. Bagaimana pembiayaan, PSSI harus sampaikan proposal dan perencanaan ke pemerintah dan Kemenpora, untuk kita review rencananya, target, anggaran, apakah sesuai atau tidak," tambah Zainudin soal usulan PSSI.