PSSI Utus Hasani Abdulgani ke Belanda, Minta Izin ke Orang Tua Pemain Keturunan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 11 Maret 2022
PSSI Utus Hasani Abdulgani ke Belanda, Minta Izin ke Orang Tua Pemain Keturunan
Pertemuan Hasani Abdulgani dengan Shin Tae-yong. (Instagram.com/hasaniabdulgani)

BolaSkor.com - PSSI akan mengutus Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasnai Abdulgani ke Belanda. Ini sebagai langkah untuk meminta izin secara langsung ke orang tua pemain keturunan yang akan dinaturalisasi.

Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

"Semua sudah oke, tinggal pak Hasani saya minta berangkat tanggal 17 sampai 21 (Maret) ke Belanda untuk komunikasi dengan keluarga sang pemain. Kan secara kesantunan begitulah, mereka kan ada keturunan Indonesia juga," kata Iriawan kepada awak media, Jumat (11/3).

"Pak Hasani akan berangkat, nanti didampingi oleh kesekjenan. Tadinya saya, tetapi tidak memungkinkan situasinya, sibuk sekali di Jakarta. Nanti saya bisa virtual dengan keluarganya, dengan ayah ibunya," sambungnya.

Baca Juga:

Jordi Amat Klaim Punya Garis Keturunan dari Raja Siau

Jordi Amat Siap Bela Timnas Indonesia, Unggah Foto Pakai Jersey Garuda

PSSI memenuhi permintaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan merekomendasikan 4 pemain keturunan untuk membela Skuat Garuda. Tiga pemain yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama menyatakan siap membela Timnas Indonesia.

Bahkan, berkas dokumen ketiga pemain sudah diproses PSSI. Berkas Dokumen Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama berkas sudah dapat rekomendasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI). Berkasnya masuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Tinggal mendapat persetujuan Kemenkumham RI, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan DRR RI.

Ketiganya diharapkan bisa membela Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, 8-14 Juni mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

"Kalau dokumen tiga pemain keturunan itu sudah masuk Setneg lebih mudah. Kalau Kemenkumham kan perlu penelitian dan sebagainya, kan kita enggak tahu apa dia terlibat kriminal atau sebagainya. Insya Allah April harapan kami," ujar Hasani Abdulgani saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, satu nama pemain keturunan yang akan dinaturalisasi antara Emil Audero atau Jordy Wehrmann. Dua pemain itu masih belum memberikan jawaban pasti.

Reporter: Rizqi Ariandi

Pssi Exco pssi Timnas Indonesia Mochamad Iriawan Hasani Abdulgani Sandy Walsh Jordi Amat Shayne Pattynama Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan