PT LIB Akan Masukan Tujuh Regulasi Baru pada Lanjutan Liga 1, Ini Daftarnya

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 12 Agustus 2020
PT LIB Akan Masukan Tujuh Regulasi Baru pada Lanjutan Liga 1, Ini Daftarnya
PT Liga Indonesia Baru (LIB). (BolaSkor.com/Grafis)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana memasukan tujuh regulasi baru pada lanjutan Liga 1 2020 yang akan digelar kembali pada 1 Oktober 2020 mendatang. Kepastian penambahan ini disampaikan oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Akhmad Hadian menjelaskan, tujuh regulasi tersebut adalah penghapusan degradasi, penambahan pergantian pemain menjadi lima, periode pendaftaran pemain tahap 2 tetap dibuka, klub wajib memasukkan minimal dua pemain U-18 dan U-20 ke dalam daftar susunan pemain (DSP).

Kelima ada penerapan protokol kesehatan ketat, kemudian standar kelayakan venue pertandingan. Dan ketujuh, klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Juara Liga 1 Akan Mendapatkan Hadiah Sebesar Rp1 Miliar

PT LIB Belum Kepikiran Beri Sanksi kepada Klub yang Tak Mau Ikut Lanjutan Liga 1

Penerapan protokol kesehatan ditambahkan lantaran lanjutan kompetisi ini dilakukan saat pandemi COVID-19. Pandemi sebelumnya membuat kompetisi masuk dalam status luar biasa. Maka dari itu, setiap klub wajib menjalani swab test 14 hari sekali.

"Nanti medical meeting awal September, biar lebih cepat. Kenapa tidak sekarang? karena perkembangan pandemi kan lebih dekat, lebih ketahuan. Misalnya ada daerah yang tadinya merah terus jadi hijau, jadi pertimbangannya di situ. Kami mulai di awal September, kan Oktobernya sudah kick off," ujar Hadian.

"Yang kami undang mulai dari tim medis klub, tim medis tempat adanya pertandingan, terus Dinkes di Pemda-pemda kami undang juga."

"Hal ini kami lakukan karena nanti kalau ada apa-apa kan menyangkut ke situ, ke satgas masing-masing. Kita juga tidak diinginkan ada kejadian, tapi kalau ada pun kita harus simulasikan ke mana rujukannya," katanya menjelaskan.

Sebenarnya sudah ada regulasi Liga 1 2020 yang diterbitkan PT LIB sebelum kompetisi dimulai. Dengan adanya tujuh tambahan ini, nantinya PSSI bertanggung jawab untuk mengesahkan kembali regulasi baru yang ditambahkan oleh PT LIB.

7 aturan baru Liga 1 2020:

1.Penghapusan degradasi Liga 1 di akhir musim 2020.

2.Penambahan pergantian pemain menjadi 5 pemain (sesuai amandemen laws of the game 2019/2020).

3.Periode Pendaftaran Pemain Tahap 2 tetap dibuka, namun tidak boleh melakukan Transfer pemain antarklub Liga 1. Pendaftaran masih diperbolehkan sepanjang pemain dari luar klub Liga 1.

4.Kewajiban memasukkan minimal 2 Pemain U20 dalam 18nama di Daftar Susunan Pemain.

5.Penerapan protokol Kesehatan.

6.Penyesuaian Standar kelayakan venue pertandingan.

7.Klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan Timnas.

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Breaking News Akhmad Hadian Lukita Liga 1
Posts

4.871

Bagikan